SBY Resmikan Pembangunan Pelabuhan Priok Baru

Pelabuhan Peti Kemas Pelindo II Tanjung Priok, Jakarta
Sumber :
  • Antara/ Hermanus Prihatna
VIVAnews - Pembangunan Terminal Kalibaru di Pelabuhan Tanjung Priok hari ini resmi mulai dilaksanakan. Terminal yang akan berdiri di atas lahan seluas 195 hektare ini diresmikan pembangunannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

"Saya mengucapkan syukur dan terima kasih atas apa yang sudah direncanakan, dipersiapkan, dan dilaksanakan untuk Kalibaru ini," kata Presiden di Jakarta, Jumat 22 Maret 2013.
DPRD Jambi Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Gubernur Jambi 2023

Yudhoyono mengharapkan, dengan pembangunan ini ke depannya logistik di Indonesia bisa lebih efisien agar setiap pulau di Indonesia dapat merasakan harga yang sama, khususnya daerah timur Indonesia yang selama ini menikmati harga lebih mahal daripada di wilayah barat.
Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Pembangunan terminal NewPriok tahap satu ini akan terdiri atas tiga terminal petikemas dan dua terminal produk bahan bakar minyak dan ditargetkan siap beroperasi pada 2014.

Terminal ini nantinya akan menambah kapasitas tampung peti kemas sebanyak 4,5 juta TEUs serta 9,4 juta meter kubik produk minyak dan gas.

Proses pembangunan terminal NewPriok sebetulnya telah dimulai oleh PT PP Tbk sejak akhir 2012.

PT Pelindo II atau IPC telah menanamkan investasi hingga Rp22,66 triliun untuk pembangunan tahap satu ini. Sedangkan untuk total investasi dari tahap satu hingga tahap dua sebesar US$4 miliar atau sekitar Rp38,9 triliun.

Pembangunan terminal, menurut Direktur Utama IPC, R.J. Lino, merupakan pemenuhan mandat Peraturan Presiden No. 36 Tahun 2012, yang ditandatangani pada 5 April 2012 dan tertuang detail dalam perjanjian konsesi antara Kementerian Perhubungan melalui Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok dengan IPC.

Ia berharap, NewPriok mampu mendorong penguatan dan efisiensi logistik nasional yang akan memberikan manfaat kepada Indonesia untuk mampu berkompetisi dalam kancah global.

NewPriok merupakan salah satu implementasi dari strategi jangka panjang pembangunan sektor transportasi Indonesia yang tertuang dalam proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

"Kami berterima kasih pada semua pihak yang telah mendukung proses pembangunan NewPriok hingga prosesi peresmian hari ini. Kami berharap proses selanjutnya berlangsung sesuai rencana seperti yang telah dijadwalkan," ujar Lino.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya