Turis Asing Lebih Suka Plesir ke Malaysia Dibanding Indonesia

10 Besar Finalis New7 Wonders of Nature
Sumber :
VIVAnews
5 Artis Cantik Warisi Darah Biru, dari Sumedang Larang hingga Mangkunegaran
- Indonesia memiliki banyak objek pariwisata ketimbang Malaysia. Namun, pelancong luar negeri ke Indonesia jumlahnya masih kalah banyak dibanding wisatawan yang datang ke negeri jiran itu.

Ini Pemain Korea Selatan yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Dalam satu tahun, pengunjung yang datang ke Malaysia jumlahnya mencapai 23 juta wisatawan. Dari jumlah itu, 2,5 juta orang di antaranya merupakan warga negara Indonesia. Sementara itu, wisatawan asing yang ke Indonesia hanya tiga juta per tahun.
Dokter Boyke Ungkap Gaya Bercinta Ini Nikmat Tapi 100 Kali Berisiko Tularkan HIV/AIDS


Menurut
Chairman Commissioner
Malaysia-Indonesia Turism Exchange (Mitex), Hero E A Putra, kurangnya wisatawan asing datang ke Indonesia karena minimnya pelayanan, kenyamanan, dan jaminan keamanan yang ada di Tanah Air.


"Karena itu, kami buat kerja sama
Gateaway to Malaysia dan Indonesia
, untuk memperkenalkan wisata Indonesia ke Malaysia dan juga sebaliknya," kata Hero saat peluncuran Mitex, di Jakarta, Minggu 31 Maret 2013.


Dari sekitar 20 juta turis asing yang berkunjung ke Malaysia itu, dia hanya menargetkan satu persen dari turis tersebut datang ke Indonesia, yang berarti sekitar 200 ribu.


"Kami juga telah mempersiapkan kedatangan wisatawan seperti di beberapa kota besar yang memiliki penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Medan, Jakarta, Bandung, dan kota besar lainnya," kata dia,


Adanya Mitex diharapkan bisa membuat turis yang ada di Malaysia dapat datang ke Indonesia. "Kalau soal keindahan Indonesia itu tidak diragukan lagi. Yang paling kurang hanya infrastruktur," kata dia.


Presiden Direktur Saputra Wisata, Muslim Iskandar, mengatakan, para turis, khususnya dari Timur Tengah, sebenarnya lebih suka Indonesia dibandingkan Malaysia.


"Terutama, mereka sudah tahu kulturnya dari TKI kita, yang ramah kepada mereka," kata Muslim.


Selain ingin memperkenalkan wisata di Indonesia, jika warga Indonesia yang ingin berkunjung ke Malaysia, program Mitex juga menyediakan beberapa produknya, seperti Malaysia
VIP Resident
atau disebut juga
Visa Malaysia My Second Home
(MM2H).


"Itu sebenarnya mengundang orang Indonesia juga untuk tinggal di sana. Sementara di Indonesia belum ada sistem itu," jelas Hero. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya