Impor Daging, Pemerintah Akan Libatkan Bulog

Pedagang Daging Sapi
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews -
Perempuan dan Anak-anak Palestina Menanggung Beban Paling Berat
Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengaku kecewa pada para importir daging yang telah menerima kuota impor tahun ini. Pasalnya dari 80 ribu ton kuota daging impor yang berikan pemerintah, baru terealisasi sekitar 10 ribu ton.
Berharap Starlink Bisa 'Hidupi' Daerah 3T

Gita mengatakan, Senin pekan depan akan memanggil para importir untuk membahas hal ini. "Ini harus diakselerasi, bagaimana nih? Kalau mereka bisa akselerasi, ini akan membantu menurunkan harga," tegas Gita kepada wartawan di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat 5 April 2013.
Perpres Perlindungan Anak dari Game Online Segera Rampung


Karena hal itu, Gita juga mengatakan, pemerintah sedang mengkaji untuk memberikan wewenang bagi perusahaan plat merah seperti Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk mengimpor daging.


Menanggapi niat pemerintah ini, Kepala Perum Bulog, Sutarto Alimoeso menyatakan sanggup. Bahkan, Bulog yakin akan mampu mengimpor 10 persen dari kuota yang ditetapkan pemerintah saat ini. "10 persen dikuasai Bulog, kan bisa stabil," ujarnya.


Di sisi lain, Bulog bisa segera menyiapkan sejumlah infrastruktur penunjang, seperti gundang pendingin. "Kemudian harga yang diminta petani indonesia itu kan 70.000/kg daging, bukan 90.000 seperti sekarang. Kalau kami hitung, Bulog impor, itu bisa."
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya