Airbus Tantang Boeing di Amerika Serikat

Presiden dan CEO Airbus, Fabrice Bregier
Sumber :
  • Airbus
VIVAnews -
Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya
Rivalitas antara Airbus dengan Boeing terus meruncing. Saat ini, Airbus menantang Boeing dengan membuka pabrik perakitan di Alabama, Amerika Serikat, negara tempat Boeing berkandang.
DPRD Jambi Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Gubernur Jambi 2023

Airbus membangun pabrik senilai US$600 juta yang akan menciptakan 1.000 lapangan pekerjaan. Pabrik Airbus di Amerika ini akan khusus untuk merakit jet varian A320, yaitu A319, A320, dan A321. Pabrik ini akan mulai beroperasi pada 2015 dan mengantarkan jet pertama buatan AS ini pada 2016.
Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia


"Saat tempat perakitan ini dibuka, maka kami satu-satunya produsen pesawat yang mempunyai tempat perakitan pesawat di Asia, Amerika, dan Eropa," kata Presiden dan
Chief Executive Officer
(CEO) Airbus, Fabrice Bregier, dalam siaran pers, Selasa 9 April 2013.


Seperti diketahui, saat ini, Airbus memiliki tiga fasilitas perakitan pesawat, yaitu di Toulouse, Prancis, yang lalu disokong oleh Hamburg, Jerman, dan fasilitas kedua adalah di Tianjin, China.


Fasilitas perakitan Airbus di Alabama ini seluas 116 hektare. Airbus baru akan membangun 53 hektare, yang di antaranya dibangun gedung, apron, dan jalan. Sisanya akan digunakan untuk pengembangan fasilitas di masa mendatang.


Sementara itu, dikutip dari
Reuters
,
Chief Operating Officer for Customer
Airbus, John Leahy, menargetkan, pada 2013, perusahaan mendapatkan kontrak pembelian sebanyak 750 pesawat.  


Menurut dia, perusahaan akan mulai menerbangkan perdana pesawat A350 dalam tiga bulan ke depan. Untuk itu, ia optimistis perusahaan akan mendapatkan minimal order 80 pesawat untuk A350.


Optimisme ini, dia melanjutkan, karena Airbus telah memutuskan untuk mengganti baterai A350 dari Nickel Cadmium menjadi lithium-ion sebagai langkah teraman dan sederhana untuk mendapatkan sertifikasi. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya