Apindo: 90 Perusahaan Akan Hengkang Bertahap

Sofjan Wanandi
Sumber :
  • VIVAnews/Mohamad Teguh
VIVAnews - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi, mengaku bahwa rencana kepindahan yang ada di Jakarta dan sekitarnya tidak akan dilakukan dalam waktu dekat.
Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 

"Mereka tidak akan melakukannya sekarang ini. Paling tidak membutuhkan waktu sembilan bulan sampai satu tahun," kata Sofjan kepada VIVAnews ketika ditemui di Jakarta, Selasa, 9 April 2013.
Indonesia All Star Diisi Pemain Terbaik Guna Hadapi Red Sparks

Saat ini, menurut Sofjan, para pengusaha tersebut sedang mencari tanah di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Upaya itu dilakukan oleh perusahaan sambil mencari alternatif lain relokasi dan juga perekrutan karyawan baru.
Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Ketika diminta merinci nama perusahaan-perusahaan tersebut, Sofjan tidak bersedia menyebutkannya. Para pengusaha tersebut, menurut dia, juga tidak berani melaporkan relokasi ini kepada pemerintah.

Alasannya, menurut Sofjan, para pengusaha tersebut takut jika diumumkan dari sekarang, pengusaha-pengusaha yang mayoritas mempunyai karyawan di atas seribu orang itu akan diburu oleh bank untuk melunasi utangnya dengan segera.

Sofjan mengungkapkan, merupakan pekerjaan rumah bagi perusahaan untuk memecat pegawainya dan memberikan pesangon. Dengan alasan itu pula, ia menahan para perusahaan tersebut untuk pindah.

"Kami masih tahan sewaktu dia mau pindah. Tetapi, mereka tidak mau lagi, karena cost-nya sudah terlalu besar," katanya. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya