Menteri PU Yakin Jembatan Selat Sunda Mulai Dibangun 2014

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews – Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto optimistis bahwa peletakan batu pertama (ground breaking) Jembatan Selat Sunda masih bisa dilakukan pada 2014.
Jadwal Lengkap Sprint Race dan Balapan MotoGP Spanyol 2024, Akhir Pekan Ini

"Saya rasa masih yakinlah tahun 2014 itu kita bisa ground breaking," kata dia kepada VIVAnews di Jakarta, Senin 15 April 2013.
Merayakan Hari Film Nasional 2024, Arif Brata Ajak Penonton ke Bioskop Menyaksikan Keluar Main 1994

Djoko menambahkan, proses pembangunan jembatan terpanjang di Indonesia ini bukan berarti harus membangun jembatan, tetapi bisa melalui pembangunan jalan akses terlebih dahulu. Sebab, proyek raksasa ini akan melibatkan banyak proyek selain pembangunan jembatan.
Jenderal Zahedi Tewas Dibunuh Israel, Iran Tarik Pasukan dari Suriah

Proses pembangunan jembatan dengan bentang sekitar 30 kilometer ini, menurutnya, akan dimulai dengan bagian yang mudahnya terlebih dahulu. Dengan catatan, penggarapan proyek besar seperti pembangunan jembatan terus dilakukan secara paralel.

Menurut Djoko, kementerian hingga kini terus memperdalam kajian pembangunan jembatan yang akan memakan investasi hingga lebih dari Rp100 triliun ini. "Kajian yang dilakukan kementerian, di antaranya mengenai manajemen pembangunan maupun dari sisi teknis," katanya.

Kajian tersebut, lanjutnya, dipimpin oleh wakil menteri PU dan direktur jenderal bina marga. Sedangkan yang menjadi polemik hingga saat ini adalah dari segi manajemen. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya