SBY Keliling Tiga Negara ASEAN Pekan Ini

Presiden SBY Kembali Ke Indonesia
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin, 22 April 2013, berangkat melakukan kunjungan kerja tiga negara di kawasan ASEAN yaitu Singapura, Myanmar dan Brunei Darrusalam.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Selain kunjungan memperkuat hubungan bilateral, Presiden SBY juga akan menerima penganugrahan gelar Honoris Doctoral (Doctor of Letters) dari Rajaratnam School of International Studies (RSIS), Nanyang Technological University (NTU).

"Gelar itu sudah lama dianugerahkan," ujar Presiden di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Presiden memaparkan, di Singapura, ia akan menghadiri pertemuan tahunan Leaders Retreat. Dalam acara tersebut, SBY akan melakukan pertemuan empat mata dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Kedua pemimpin akan membahas berbagai perkembangan dalam hubungan dan kerjasama antara kedua negara, diantaranya perkembangan kerjasama tujuh Kelompok Kerja (Working Group) Indonesia–Singapura.

"Bidang-bidang tersebut mencakup investasi, perhubungan udara, pariwisata, ketenagakerjaan, agribisnis, kontra terorisme, dan kerjasama di kawasan pertumbuhan Batam, Bintan, Karimun dan kawasan ekonomi lainnya," kata Ketua Umum Partai Demokrat ini.

Presiden juga telah dijadwalkan berpidato di hadapan komunitas bisnis dan finansial yang berkedudukan di Singapura dalam acara Thomson Reuters Newsmaker.

Dari Singapura, Presiden Yudhoyono akan bertolak ke Nya Pyi Taw, Myanmar pada 23 April untuk melakukan kunjungan kenegaraan sampai 24 April 2013. Selama di Myanmar, Presiden Yudhoyono dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Myanmar, U Thein Sein.

Kedua Presiden juga dijadwalkan untuk menyaksikan penandatanganan beberapa nota kesepahaman, termasuk di bidang perdagangan beras, perdagangan investasi serta peningkatan kapasitas kedua negara. Presiden RI juga dijadwalkan untuk bertemu dengan perwakilan masyarakat Indonesia di Myanmar.

Dari Nya Pyi Taw, SBY akan bertolak menuju Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-22. Selama di Brunei, Presiden akan menghadiri rangkaian pertemuan KTT ASEAN.

Presiden Yudhoyono juga dijadwalkan menghadiri KTT ke-9 Brunei-Indonesia-Malaysia-Filipina East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) dan KTT ke-7 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT). "Pertemuan tersebut penting artinya untuk memastikan komitmen bersama untuk mencapai Komunitas ASEAN 2015," lanjutnya.

Pertemuan ASEAN ini akan dimanfaatkan untuk bertukar pandangan mengenai perkembangan terkini di kawasan ASEAN. "Misalnya terkait laut cina selatan, insya Allah Indonesia akan memberikan pendapat," katanya.

Presiden Yudhoyono dan Ibu Negara beserta rombongan direncanakan akan tiba kembali di tanah air pada 26 April 2013. Presiden didampingi oleh beberapa menteri dan staf khususnya, antara lain, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto dan Sekretaris Kabinet, Dipo Alam.

Gunakan Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Dump Truk

Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 

Rasa senang bisa memiliki sepeda motor baru untuk ke sekolah, justru berbuah petaka dialami Faizal Hadi Winata, seorang pelajar SMA Negeri 2 Brebes, Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024