SBY dan Pimpinan DPR Rapat Harga BBM di Istana

Presiden SBY pidato di depan para dubes
Sumber :
  • Dok. Kementerian Luar Negeri
VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggelar rapat konsultasi dengan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di kantornya, Senin 13 Mei 2013.
Nasib Tragis Gadis 16 Tahun Tewas Usai Dicekoki Narkoba dan Dicabuli di Hotel Jaksel

Pertemuan kali ini akan membahas Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2013, khusus terkait rencana kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.
Langit Yunani Tiba-tiba Berubah Jadi Oranye, Ini Penyebabnya

SBY sangat mengapresiasi kehadiran para pimpinan dewan. Dia memastikan bahwa pertemuan ini tidak dirancang untuk sebuah pengambilan keputusan. Sebab, ada mekanismenya sendiri yang diatur dalam undang-undang dan tata tertib.
Soal Cincin di Jari Manis dan Dilamar di Bali, Ini Kata Syifa Hadju

"Pertemuan ini akan kami fokuskan untuk bersama-sama memahami permasalahan aktual, utamanya di bidang perekonomian, kemudian apa yang bisa dilakukan secara bersama-sama pemerintah dengan DPR untuk mengatasi sejumlah masalah perekonomian itu," kata SBY.

SBY mengetahui bahwa hari ini adalah pembukaan sidang paripurna pertama bagi DPR, maka pertemuan ini akan membicarakan permasalahan inti secara lebih cepat untuk kemudian ditindaklanjuti oleh para menteri dan komisi yang terkait di tingkat dewan.

"Agar upaya kami untuk mengatasi sejumlah permasalahan ekonomi dapat dilaksanakan dengan baik," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Pramono Anung membantah rapat konsultasi ini akan menentukan sikap DPR terhadap kebijakan harga BBM bersubsidi.

"Bukan dalam arti untuk memberikan persetujuan atau tidak. Tetapi, forum apa yang akan digunakan untuk membahas tersebut, sehingga sikap fraksi-fraksi itu akan tercermin, apakah di paripurna atau komisi terkait," ungkapnya.

Terkait kebijakan penyesuaian harga BBM, Pramono menambahkan, tentu akan dibawa ke paripurna untuk mendapat persetujuan DPR terlebih dahulu. "Tentunya pimpinan ingin mendengar apa sebenarnya yang akan diajukan oleh pemerintah," tuturnya.

Dalam rapat konsultasi kali ini, SBY didampingi oleh Wakil Presiden Boediono, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri ESDM Jero Wacik, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Sekretaris Kabinet Dipo Alam, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, dan Menteri PPN/ Kepala Bappenas Armida S Alisjahbana.

Sementara itu, selain Pramono, pimpinan DPR lainnya yang hadir yakni Ketua DPR Marzuki Alie, Priyo Budi Santoso, Sohibul Imam, dan Taufik Kurniawan. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya