SBY: RI Tingkatkan Kemitraan Dukung Produktivitas Migas

Pertemuan HLP High Level Panel
Sumber :
  • ANTARA/Nyoman Budhiana
VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan bahwa Indonesia akan meningkatkan kemitraannya dengan negara-negara sahabat dalam mendukung peningkatan produktivitas sektor minyak dan gas bumi.
Februari-Maret 2024, Satgas PASTI Blokir 537 Pinjol Ilegal

Dalam sambutannya di acara pembukaan konvensi dan pameran Indonesian Petroleum Association (IPA) ke-37, di JCC Senayan, Jakarta, Rabu 15 Mei 2013, Presiden mengatakan bahwa hal tersebut guna memaksimalkan potensi pasar di kawasan Asia yang diprediksi meningkat.
Siswa SMKN 1 Nias Selatan Tewas Diduga Karena Dianiaya Kepala Sekolah, Ini Kata Disdik Sumut

"Bila kita cermati, transaksi migas internasional makin bergeser ke Asia," ujar SBY.
Akan Ada Kejutan dari Putusan MK dalam Perkara Sengketa Pilpres 2024, Menurut Pengamat

Dengan pergeseran konsumsi migas akibat tumbuhnya industri di kawasan Asia, menurut Presiden, hal tersebut dapat memengaruhi patokan harga migas khususnya minyak internasional.

"Kondisi ini tentu memengaruhi kecenderungan fluktuasi harga minyak internasional, yang selama ini lebih ditentukan oleh kegiatan industri negara-negara barat," tambahnya.

Untuk itu, SBY melanjutkan, pemerintah Indonesia akan bersiap diri guna memanfaatkan tantangan tersebut. Salah satunya dengan mempermudah birokrasi perizinan dalam berinvestasi di sektor tersebut.

"Kami juga berusaha memanfaatkan teknologi penemuan sumber migas baru, pemulihan sumber daya migas, pengolahan migas bersih berbasiskan penyimpanan karbon, serta teknologi peningkatan efisiensi kegiatan eksplorasi dan produksi sumber daya migas," tuturnya. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya