Pengganti Chatib di BKPM Diminta Perhatikan Investor Lokal

Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri
Sumber :
  • Biro Pers Istana/Abror Rizki

VIVAnews - Pengganti Chatib Basri di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) diharapkan memiliki kompetensi dalam menarik investasi ke Indonesia. Upaya ini dimaksudkan agar iklim investasi yang kondusif dapat terjaga.

Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN), Chairul Tanjung, Selasa 21 Mei 2013, mengatakan, selama ini, Indonesia lebih banyak fokus pada investor asing. "Menurut saya, dengan kapasitas ekonomi Indonesia yang sudah sebesar ini, investor lokal pun harus sudah lebih diperhatikan," tuturnya.

Hari ini, Chatib resmi menjabat sebagai menteri keuangan, setelah dilantik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara. Dengan menjadi menkeu, Chatib akan melepaskan jabatannya sebagai kepala BKPM.

Beberapa nama sempat santer disebut sebagai pengganti Chatib di BKPM. Satu di antaranya Direktur Utama PT Pertamina, Karen Agustiawan. Namun, Menteri Perindustrian, MS Hidayat, .

Hidayat hanya memberikan sinyal, calon kepala BKPM yang baru kemungkinan berasal dari pengusaha, atau ekonom.

Kemungkinan yang Bakal Terjadi Kalau Indonesia tak Dijajah

Tugas menkeu baru

Sementara itu, Chairul menambahkan, menkeu yang baru diharapkan dapat menjalankan tugasnya di Kementerian Keuangan dengan penuh konsentrasi. Meski waktu kerjanya singkat, jika dikerjakan dengan fokus, segala urusan di Kementerian Keuangan dapat diselesaikan.

"Dia bisa all out, bisa ngurus fiskal Indonesia dan diharapkan kondisi lebih baik," ujar Chairul.

Terkait dengan arah kebijakan fiskal, menurut dia, Chatib harus pintar dalam meningkatkan dan menjaga penerimaan negara. Sebab, kondisi tersebut akan memengaruhi fundamental ekonomi Indonesia.

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

"Menteri keuangan harus pintar, bagaimana menyiasati uang yang diterima bisa menggerakkan ekonomi secara maksimal," tuturnya. (umi)

Donald Trump dan Karen

Kasus Uang Tutup Mulut Donald Trump Seret Nama Karen McDougal, Siapa Dia?

Proses persidangan kasus uang tutup mulut Donald Trump memasuki minggu ini, dua pengacara bersiap untuk menginterogasi para saksi. Salah satunya, ada nama Karen McDougal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024