Freeport: Lokasi Longsor Dibangun Tahun 1998

Freeport Indonesia
Sumber :
  • ANTARA
VIVAnews -
BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter
President dan CEO Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc, Richard C. Adkerson, Rabu 22 Mei 2013, mengungkapkan fasilitas pelatihan tambang bawah tanah yang longsor pada Selasa, 14 Mei 2013 lalu dibangun pada 1998 oleh Freeport McMoRan.

Luhut Sebut Apple Bakal Investasi Besar: Tim Cook Baru Sadar RI Potensial

Richard menjelaskan, peristiwa longsor di Big Gossan mengagetkan seluruh manajemen Freeport McMoran dan Freeport Indonesia, karena manajemen yakin terowongan dan pusat pelatihan tersebut dibangun dengan standar keamanan yang tinggi.
Bacok Penjual Nasgor di Cilincing hingga Tewas, Bucing Terancam Hukuman 15 Tahun Bui


"Sebelumnya saya yakin lokasi itu aman karena saya sendiri sering berada di sana," kata Richard di Kementerian ESDM.


Saat longsor terjadi, Richard berada di Barcelona. Begitu mendengar kabar tersebut, ia langsung terbang menuju Timika bersama para tim ilmiah mereka untuk melihat lokasi.


Freeport, katanya, mempunyai reputasi bagus dalam penerapan standar keamanan di berbagai tambang yang berada di Chile, Afrika, Peru dan Amerika Serikat. Para pekerja Freeport pun merupakan para penambang terbaik di seluruh dunia.


Oleh sebab itu, menurut Richard, Freeport sangat mendukung investigasi independen yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Ia berjanji perusahaan akan kooperatif dengan semua yang langkah pemerintah untuk menyelesaikan investigasi ini.


Dalam keterangan tertulis, Richard menyatakan Freeport saat ini sedang meninjau ulang faktor keselamatan dalam operasional tambang bawah tanah. Hal ini untuk mengurangi insinden dan korban jiwa karyawan Freeport. Freeport juga melakukan investigasi dan transparan terhadap penyelidikan dan temuan. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya