Pemerintah Pacu PNS Lebih Kompetitif

Sumber :
  • ANTARA/Zabur Karuru
VIVAnews -
Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar, Kamis 23 Mei 2013, menjelaskan, Rancangan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara akan memperbaiki sistem kerja pegawai negeri sipil di masa depan.

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

"PNS akan berubah dari zona nyaman menuju zona kompetitif," kata Azwar di kantor Presiden, Jakarta.
Christian Bautista Bakal Tampil di Konser Westlife: The Hits Tour 2024


Presiden SBY, dia mengatakan, akan membahas finalisasi RUU itu. Presiden sebagai "manajer negara" ingin pola kerja PNS berubah menjadi lebih terbuka. Salah satunya adalah sistem promosi dan lelang jabatan PNS dengan cara
open carrier
atau promosi karier terbuka.


Ia menjelaskan, nantinya lelang jabatan hanya sebatas PNS lintas lembaga dan kementerian. Upaya ini diharapkan akan menciptakan persaingan antar PNS lebih terbuka. Dengan begitu, pemerintah akan mendapatkan PNS yang berkualitas.


Sebelumnya, Wakil Menteri PAN-RB, Eko Prasodjo, Kamis 16 Mei 2013, menjelaskan bahwa kementeriannya akan membenahi sistem perekrutan demi menjaring orang-orang terbaik.


Untuk mewujudkan itu, ada perbaikan sistem penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang akan diterapkan di masa mendatang. Salah satunya, menerapkan standardisasi nilai minimal kelulusan sebagai syarat masuk instansi pemerintahan. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya