Dahlan Ungkap 4 BUMN Besar Tak Mampu Jalankan Program Kerja

BUMN Award 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews - Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kamis 23 Mei 2013, mengungkapkan banyaknya perusahaan pelat merah yang tidak mampu menjalankan program kerja bina lingkungan (PKBL).
Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Menteri BUMN Dahlan Iskan menyatakan penyebab 'memble'-nya BUMN ini karena BUMN itu tidak didesain untuk membina pengusaha kecil. "Sehingga tidak memiliki ilmu supervisi untuk para pengusahanya," kata Dahlan di Jakarta.
KPU Kabupaten Tangerang Buka Rekrutmen PPK dan PPS Pilkada 2024: Tersedia 967 Kuota

Beberapa perusahaan BUMN  kemudian disebutnya, seperti PT Pertamina, PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam, dan PT Pupuk Sriwijaya.
Istana Tegaskan Jokowi Tidak Ada Agenda Kunjungan Kerja ke Surabaya

Hal ini berbeda dengan perusahaan pelat merah lainnya, yang bergelut di bidang keuangan, misalnya PT Bank Rakyat Indonesia Tbk dan PT Bank Tabungan Negara Tbk. "Mereka sanggup melaksanakan program PKBL tersebut," ujarnya.

Namun, Dahlan meminta kepada perusahaan pelat merah yang besar, tetap memberikan dana PKBL kepada permodalan nasional madani (PNM) untuk dikelola. "Yang besar-besar tetap menyerahkan dana PKBL. Sebab, mereka harus tetap membina pengusaha kecil," kata dia.  (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya