Wamen ESDM: Kesimpulan Awal, Longsor Freeport Musibah

penyelamatan korban longsor di Big Gossan, Freeport
Sumber :
  • Wildan Kesuma
VIVAnews -
Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies
Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo , Senin 27 Mei 2013, menyatakan kesimpulan awal penyebab terjadinya longsor tambang bawah tanah Freeport Indonesia di Mimika, Papua adalah musibah.

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis

"Ini musibah, untuk kesimpulan awal ini musibah, fenomena awal," kata Susilo menegaskan.
Partai Pendukung Prabowo-Gibran Akan Kumpul, Termasuk PKB-Nasdem Diajak


Namun, proses investigasi oleh tim independen yang diketuai dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) akan selesai dalam dua bulan mendatang. Hasil investigasi ini yang akan menentukan apakah fasilitas pelatihan tambang bawah tanah aman digunakan atau perlu dipindahkan.


Jika kesimpulan secara keseluruhan menunjukkan longsor tambang bawah tanah akibat musibah, maka pemerintah tidak akan memberikan sanksi terhadap Freeport Indonesia.


Ia menjelaskan lokasi tambang bawah tanah Freeport bukanlah daerah rawan gempa sehingga perusahaan tidak memasang alat pendeteksi gempa. "Jadi kami heran (mengapa ada runtuhan). Padahal tidak ada getaran sama sekali," katanya.


Seperti diketahui, pusat pelatihan bawah tanah Freeport Indonesia longsor pada pertengahan Mei 2013 lalu dan menewaskan 28 korban jiwa. Pemerintah masih menghentikan operasional tambang produksi dan tambang bawah tanah Freeport Indonesia.


"Untuk daerah tambang yang aktif, inspektur tambang akan lakukan audit. Kalau sudah aman, bisa segera dibuka lagi tambang produksi Freeport," katanya. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya