Tips Merencanakan Keuangan Sebelum Berlibur

Menghitung anggaran keuangan
Sumber :
  • http://telegraph.co.uk

VIVAnews - Libur panjang merupakan kesempatan untuk pulang kampung alias mudik. Tentunya, perlu persiapan khusus sebelum melakukan perjalanan untuk liburan bersama keluarga.

Senior Vice President, Head of Liabilities, Investment and Bancassurance Products Commonwealth Bank Indonesia, Johanes, kepada VIVAnews di Jakarta, Rabu 12 Juni 2013, mengungkapkan, perlu persiapan perencanaan keuangan sebelum melakukan perjalanan mudik, terutama menyangkut masalah dana.

"Mudik biasanya kegiatan tahunan, kita dapat mempersiapkan dana dalam jangka waktu yang lama," kata Johanes.

Ia juga menyarankan, besarnya dana dapat berpatokan pada tahun sebelumnya ditambah dengan sekian persen dari kenaikan harga-harga. "Untuk yang jarang mudik, tentu saja perkiraan dan perencanaannya harus lebih teliti," tegasnya.

Selain melakukan perencanaan keuangan, hal lain yang harus diperhatikan adalah berapa lama waktu berlibur, ke mana tujuannya, dan berapa lama waktu yang dimiliki untuk berlibur.

Mengerikan, Ini 9 Bahaya Vape Liquid Ganja yang Perlu Diketahui

Siapkan uang tunai

Sementara itu, terkait dengan masalah perencanaan keuangan, persoalan yang patut diperhatikan adalah biaya transportasi, baik biaya bensin, atau tiket kereta api.

"Yang pasti kita harus biasakan membawa uang tunai, karena tidak setiap daerah tersedia mesin ATM, dan jangan lupa menukarkan uang pecahan kecil untuk dibagikan kepada sanak saudara," ujarnya.

Perencanaan keuangan selanjutnya adalah menyiapkan kartu kredit untuk berjaga-jaga jika ada keperluan mendadak. Misalnya, ada anggota keluarga yang sakit saat mudik, kartu kredit dapat menutupi biayanya.

Viral Pelamar Kerja Wanita Dilecehkan saat Wawancara

"Namun sebelumnya, pastikan kita dapat mengelola biaya setelahnya, akan lebih baik jika kita segera melunasi tagihannya," jelas Johanes.

Tak hanya itu, untuk memudahkan bertransaksi, pastikan layanan mobile banking dapat diakses dengan baik. Dan, bagi yang suka berlibur ke luar negeri, ada tips khusus mengenai masalah keuangan sebelum melakukan perjalanan.

"Jika menggunakan kartu debet di luar negeri, pastikan kartu tersebut dapat diterima di tempat tujuan berlibur kita," jelas dia.

Sementara itu, bagi yang menggunakan kartu kredit, satu hal yang harus diperhatikan adalah kurs rupiah yang dikenakan pada tagihan kartu kredit. "Jangan sampai jauh lebih tinggi dari kurs pasar," ujarnya.

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Ungkit Panasnya Debat di Pilpres 2024, Prabowo: Tapi Kita Tetap Satu Keluarga

Presiden terpilih, Prabowo Subianto menyinggung soal penyelenggaraan Pilpres 2024 terutama mengenai panasnya debat Pilpres dimana para kandidat saling adu argumen.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024