Harga Cabai Tembus Rp60 Ribu

Cabai
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews-
Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal
Kebutuhan bahan pokok di Palembang, Sumatera Selatan hingga saat ini masih terus meroket. Pantauan VIVAnews
Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun
di pasar tradisional Palembang, seperti Pasar Cinde, Pasar 16 Ilir, dan Pasar Sekip, harga cabai kriting menembus Rp60 ribu per kilogram. Kenaikan yang tinggi ini juga diikuti oleh bawang merah yang tembus Rp70 ribu per kg.
Surya Paloh Akui Berkontemplasi Lama Sebelum Putuskan Gabung ke Koalisi Prabowo

Menurut Minah pedagang pasar Tradisional Cinde mengungkapkan, kenaikan ini terjadi sebelum Ramadhan. "Sebelum Ramadan sudah naik sedikit, kemarin masih Rp50 ribu, sekarang sudah Rp60 ribu," katanya.


Yoyok, pedagang bawang merah di Pasar 16 Ilir, mengatakan harga bawang merah yang sebelumnya dibandrol Rp60 ribu per kg kini sudah jadi Rp70 ribu.


"Memang sudah ada operasi pasar, tapi tetap saja tak stabil," katanya.


Harga daging sapi yang sebelumnya menembus Rp120 ribu per kg, berlahan turun. Saat ini harga daging di beberapa pasar di Palembang sudah Rp100 ribu. Penurunan ini berlangsung sedikit demi sedikit selama sepekan terakhir. "Pembeli pun mulai pun mulai ramai," kata Deni, pedagang daging sapi Pasar Sekip.


Meski demikian, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palembang Yustianus mengatakan kenaikan harga pangan ini masih wajar. "Memang cabai dan bawang cenderung naik, tapi masih normal," katanya.


Yustinus mengatakan pemerintah terus berusaha menstabilkan harga, apalagi menjelang Lebaran yang biasanya harga-harga melonjak lagi. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya