10 Miliuner Dunia Ini Kolektor Berlian Termahal (I)

Ilustrasi berlian.
Sumber :
  • CNBC

VIVAnews - Berlian merupakan salah satu perhiasan dan alternatif investasi yang menjanjikan. Sejak 2005, harga berlian telah melonjak hampir tiga kali lipat dan akan naik 20 persen pada 2017 nanti.

Berlian termahal berbentuk buah pir dengan kandungan 101,73 karat tanpa cacat dengan harga US$27 juta oleh balai lelang Christie. Riset Wealth-X yang dilansir pertengahan Juli 2013 lalu menunjukkan pemilik berlian terkaya di dunia terdiri dari kolektor, dealer, pemilik bisnis maupun investor yang memiliki saham di beberapa tambang berlian terbesar di dunia.

Beberapa orang dalam daftar ini diketahui memiliki beberapa berlian paling langka dan  mahal yang pernah ditemukan. Berikut daftar 10 orang miliuner dengan kepemilikan berlian, seperti dilansir CNBC, Jumat 26 Juli 2013:

10. Robert Fayez Mouawad


Kekayaan bersih: US$1 miliar

Robert Mouawad merupakan generasi ketiga dari Mouawad, perusahaan perhiasan mewah internasional yang terkenal dengan koleksi benda seni langka, jam tangan mewah dan berlian terbaik. Robert berhasil mengembangkan perusahaan dari Arab Saudi ke Eropa, Asia dan Amerika Utara. Robert juga memindahkan kantor pusat di Jenewa pada 1970.

Robert Mouawad yang berdarah Lebanon pada 1990 lalu membeli berlian 11 sisi potong seberat 101,84 karat dari rumah lelang Sotheby's seharga US$12,76 juta. Pembelian Robert saat itu masuk dalam Guiness Book of World Records sebagai berlian paling mahal di dunia.

Selain itu, Robert juga terkenal karena membeli berlian 135,92 karat milik ratu Belanda yang dulunya potongan berlian terbesar di dunia. Ia juga membeli berlian Taylor Burton seberat 68,09 karat. Berlian tersebut dipesan khusus oleh aktor Richard Burton untuk istrinya, aktris Elizabeth Taylor pada 1969. Mouawad membeli berlian tersebut pada 1979 dengan harga US$5 juta.

9. Fred Mouawad


Kekayaan bersih: US$1,1 miliar

Generasi keempat keluarga Mouawad, dan salah satu dari tiga penerus perusahaan. Fred telah terlibat dalam bisnis perhiasan sejak 1890, dan membawahi divisi berlian. Mouawad menjadi pusat perhatian setelah membeli berlian 76,02 karat milik pangeran Hungaria, Archduke Joseph August of Austria, lalu dijual lagi dengan harga US$21,48 juta dalam balai lelang Christie.

8. Jorg Burcherer


Kekayaan bersih: US$1,1 miliar

Jorg Bucherer merupakan komisaris utama perusahaan perhiasan Bucherer Group. Bucherer didirikan oleh kakek Jorg, Carl-Firedrich Bucherer pada 1888 dan merupakan toko jam dan perhiasan pertama di Luverne, Swiss. Group saat ini mempekerjakan 1.500 karyawan dengan 26 toko di seluruh Eropa.

Burcherer meluncurkan koleksi berlian Lacrima pada 2007 dengan segmentasi orang super kaya. Lacrima terdiri dari satu set perhiasan berisi 25 berlian, termasuk cincin, kalung dan anting.

7. Lel LEviev


Kekayaan bersih: US$1,4 miliar

Dikenal dengan julukan raja berlian, taipan bisnis berdarah Israel-Uzbekistan ini merupakan pemilik beberapa pertambangan berlian di Rusia dan benua Afrika. Salah satunya adalah tambang berlian terbesar di dunia, yaitu Catoca di Angola.

Selain memiliki toko perhiasan mewah di berbagai kota dunia, Leviev juga Ketua Africa Israel Investments (AFI) Group yang terlibat dalam bisnis real estate, konstruksi dan pariwisata.

Salah satu pelanggannya adalah mantan istri miliuner Donald Trump, Ivana Trump yang menggunakan berlian 450 karat dari koleksi perhiasan Leviev pada 2008 lalu.

6. Georges Nicolas Hayek Jr


Kekayaan bersih US$1,7 miliar

CEO Swiss Swatch Group, pembuat jam terbesar di dunia, George Hayek terkenal karena membeli perhiasan mewah senilai US$1 miliar pada Januari lalu dari perusahaan Kanada, Harry Winston. Hayek merupakan putra dari Nicolas Goerge Hayek, salah satu pendiri Swatch pada 1983.

Hayek juga pernah membeli berlian Harry Winston dengan potongan sempurna seberat 101,73 karat senilai US$26,7 juta dari balai lelang Christie pada Mei lalu. Harry Winston menamai berlian tersebut dengan nama "Winston Legacy". (eh)

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok

(Bersambung)

Sapi Albino Ko Muang Phet.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Kerbau albino bertubuh besar ini bernama Ko Muang Phet, terkenal di kalangan peternak Thailand sebagai hewan pejantan. Tingginya 1,8 meter dan berusia empat tahun.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024