Salah Satu Perempuan Terkaya Dunia Meninggal

Rosalia Mera, salah satu pendiri Zara.
Sumber :
  • corriereadriatico
VIVAnews -
Terpopuler: Manfaat Belimbing Wuluh sampai Tanggapan Buya Yahya Soal Kasus Inses
Perempuan terkaya di Spanyol dan salah satu perempuan terkaya dunia, Rosalia Mera, meninggal di usia 69 tahun. Mera adalah salah satu pendiri produk fashion Zara bersama suaminya, Amancio Ortega pada 1975.
Suami Sandra Dewi Tersandung Korupsi Timah, Aiman Senang Kasusnya Disetop 

Dilansir
Prediksi Serie A: Lazio vs Juventus
CNN , Sabtu 17 Agustus 2013, media Spanyol memberitakan, Mera menderita penyakit stroke saat liburan di Menorca, salah satu pulau di Kepulauan Mediterania. Ia dilarikan ke rumah sakit lokal, lalu dipindahkan ke RS San Rafael, La Coruna Spanyol pada Kamis 15 Agustus 2013. Nyawanya tak tertolong pada Kamis malam waktu setempat.


Bernama lengkap Rosalia Mera Goyenechea lahir pada 28 Januari 1944 di La Coruna. Mera memulai berbisnis pakaian pada usia 11 tahun, saat ia berhenti sekolah dan bekerja sebagai penjahit di sebuah toko pakaian.


Ia menikah dengan Amancio Ortega pada 1966 dan sembilan tahun kemudia ia dan suami mendirikan toko pertama Zara di La Coruna. Saat ini, Zara berkembang menjadi toko fashion terbesar dunia. Ia juga membuat Inditex, induk perusahaan Zara yang membawahi tiga merk pakaian terkenal, Zara, Bershka dan Massimo Dutti.


Mera dan Ortega cerai pada 1986 dengan dua anak, Sandra dan Marcos. Untuk menyibukkan dirinya, ia mendirikan Paideia Galiza Foundation, sebuah organisasi yang fokus menolong orang dengan disabilitas speerti anaknya, Marcos, yang memiliki keterbelakangan mental.


Mengacu data Forbes, total kekayaan Mera sebesar US$6,1 miliar per Maret 2013. Sedangkan suaminya Ortega (77) memiliki kekayaan bersih senilai US$57 miliar dan merupakan pria terkaya keempat di dunia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya