- VIVAnews/Arie Dwibudiawati.
VIVAnews - Ratusan waralaba dari domestik maupun mancanegara meramaikan pameran bisnis waralaba bertajuk "Franchise and License Expo Indonesia" yang ke-11 di JCC, Jakarta. Pameran ini diharapkan mampu menarik perhatian lebih dari 15 ribu pemilik modal yang sedang mencari bisnis sesuai dengan minat mereka.
Kegiatan yang didukung Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Kementerian Perdagangan, Kamar Dagang dan Industri (Kadin), dan Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia itu digelar pada 6-8 September 2013
Presiden Direktur Reed Panorama Exhibitions, Michelle Lim, selaku pihak penyelenggara, menjelaskan bahwa pameran ini mendorong kelahiran pengusaha-pengusaha baru yang diharapkan membuka lapangan pekerjaan.
"Kami berharap dapat turut serta mendukung program pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja bagi tenaga kerja produktif di Indonesia," ujar Michelle saat memberikan sambutan pembukaan pameran ini.
Michelle menambahkan, pameran ini sekaligus mempromosikan kemajuan usaha waralaba domestik ke dunia internasional, khususnya Asia Tenggara.
Dalam kesempatan yang sama, Ketua Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia, Levita Supit, mendukung penyelenggaraan pameran ini, karena bisa memperkaya pengetahuan kepada masyarakat tentang bisnis waralaba.
"Kami mendukung bisnis mereka supaya bisa berkembang. Banyak hal positif di sini, yaitu bisa lebih memajukan bisnis waralaba di Indonesia, memperdalam dan mempermudah penggunaan produk lokal Indonesia, serta mempunyai wawasan lebih untuk bisnis franchise," kata Levita.
Pameran ini diikuti oleh lebih dari 120 brand waralaba baik lokal maupun internasional yang menjadi peserta. Pameran ini menawarkan beragam jenis usaha dari berbagai industri untuk menjadi pilihan calon investor.
Antara lain food and beverage (F&B), ritel, otomotif, pendidikan, dan kesehatan. Selain itu, acara ini memberikan beragam program edukasi dan informasi mengenai industri waralaba serta cara memilih waralaba yang baik. (art)