Pemerintah Segera Lelang Konstruksi Tol Cisumdawu Seksi II

Konstruksi pembangunan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa Bali
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Pemerintah segera menggelar lelang konstruksi pengerjaan Jalan Tol Cileungi-Sumedang-Dawuan. Lelang jalan tol yang biasa disebut Cisumdawu ini adalah untuk pembangunan seksi II yakni ruas Tanjung Sari-Sumedang.

Itu diungkapkan oleh Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Djoko Murjanto kepada VIVAnews, Sabtu 21 September 2013.
"Cisumdawu akan kami lelang, kami menginginkan lelangnya selesai pada 2014," ujarnya.

Saat ini, Djoko mengungkapkan loan untuk seksi kedua jalan tol sepanjang 58,35 kilometer itu sudah memasuki tahap finalisasi. Ia memperkirakan dana pembangunan akan masuk pada 2014.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

Meski Kementerian PU mengadakan lelang paket pekerjaan di akhir 2013, namun Djoko menyatakan tandatangan kontrak haruslah dilakukan pada Januari 2014.

Pendanaan seksi II ini sendiri sebelumnya dikatakan Djoko akan berasal dari pinjaman China. Nilai pinjamannya berkisar di angka Rp1 triliun.

Sementara itu, pembebasan lahan di ruas Jalan Tol Cisumdawu, Djoko menyebut sudah mencapai lebih dari 55 persen. Pembangunan Tol Cisumdawu ini akan dibagi menjadi enam seksi, yakni Cileunyi–Tanjungsari (9,80 km), Tanjungsari–Sumedang (17,51 km), Sumedang-Cimalaka (3,73 km), Cimalaka-Legok (6,96 km), Legok-Ujungjaya (16,35 km), dan Ujungjaya-Kertajati (4,00 km).

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.(dok Pemprov Sumut)

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Kejuaraan North Sumatera Amateur Open (NSAO) 2024, kembali digelar oleh Persatuan Golf Indonesia (PGI) Sumut. Peserta berasal dari Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina,

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024