Bupati Zumi Zola Buka Segel 12 Sumur Minyak

Lapangan Minyak
Sumber :
VIVAnews
Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024
- Bupati Tanjung Jabung Timur, Jambi, Zumi Zola Zulkifli akhirnya membuka segel 12 sumur minyak yang berlokasi di Wilayah Kerja Jabung dengan operator PetroChina International Jabung Ltd (PetroChina). Ini merupakan buntut penyegelan 14 sumur sejak 24 dan 26 Mei 2013.
Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Kepala Subbagian Komunikasi dan Protokol Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Zudaldi Rafdi Rabu 25 September 2013 mengatakan, pembukaan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Kesepakatan Bersama yang ditandangani Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan PetroChina di kantor SKK Migas, Jakarta, n.
Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang


Dia mengatakan, 12 sumur yang sudah dibuka adalah 8 sumur di Lapangan Geragai dan 4 sumur di Lapangan Makmur. “Pembukaan segel atas 12 sumur tersebut dilakukan kemarin siang. Dengan pembukaan tersebut, PetroChina dapat kembali leluasa melakukan perawatan sumur untuk keamanan sumur serta masyarakat di sekitar lokasi sumur,” kata Zudaldi.


Saat ini masih ada sisa 2 sumur yang berlokasi di Lapangan Ripah yang belum dibuka karena lokasinya yang jauh. “Diharapkan sisa 2 sumur tersebut dapat dibuka mulai hari ini,” ujar Zudaldi.


Penyegelan terhadap 14 sumur karena sumur-sumur tersebut belum memiliki izin lokasi yang diterbitkan oleh Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Setelah melalui proses panjang, akhir pekan lalu Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan PetroChina mencapai kesepakatan dalam menyelesaikan masalah perizinan tersebut.


Kesepakatan itu dituangkan dalam Surat Kesepakatan Bersama yang ditandatangani oleh Acting President PetroChina International Companies in Indonesia, Budi Setiadi dan Bupati Tanjung Jabung Timur, Zumi Zola Zulkifli, di kantor SKK Migas, Jakarta, akhir pekan lalu. Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Pelaksana Tugas Kepala SKK Migas Johanes Widjonarko.


Dalam kesepakatan tersebut, PetroChina antara lain akan melaksanakan program kerja untuk memenuhi komitmen terhadap Pemkab Tanjung Jabung Timur (pihak kedua), yakni melaksanakan secara menyeluruh program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) di Kabupaten Tanjung Jabung Timur sejak 2012 hingga 2016.


Sebaliknya Pemkab Tanjung Jabung Timur akan segera membuka segel di semua lokasi sumur yang disegelnya pada saat SKB ini ditandatangani. Selain itu, Pemkab Tanjung Jabung Timur akan segera menerbitkan izin-izin yang diajukan dan/atau diperlukan oleh PetroChina untuk sektor usaha hulu migas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Johanes mengingatkan agar PetroChina memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Menurut Johanes, aturan yang ada harus dipatuhi dalam kerangka mewujudkan
good governance.
“Tidak hanya PetroChina, kita juga berharap kontraktor-kontraktor lainnya juga harus memperhatikan aturan-aturan yang ada,” katanya.


Zumi Zola meminta agar SKB yang ditandatangani dengan dilandasi itikad baik tersebut, dapat dijalankan dengan penuh tanggung jawab dan komitmen yang sungguh-sungguh. “Semoga  ini menjadi semangat baru bagi kedua pihak dalam mendukung upaya pencapaian target produksi migas nasional. Tentunya tanpa mengenyampingkan kepentingan daerah dan masyarakat secara menyeluruh, dengan didasari oleh kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku,” katanya. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya