Serapan Anggaran OJK Masih Minim

Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
VIVAnews - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan bahwa serapan anggaran per 20 September 2013 baru mencapai Rp584 miliar. Penyerapan ini sekitar 35,54 persen dari pagu anggaran OJK pada tahun ini yang dipatok Rp1,64 triliun.
Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan

Dalam rapat dengar pendapat di gedung DPR RI, Jakarta, Kamis 26 September 2013, Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad, mengatakan, minimnya penyerapan anggaran terjadi karena sebagai lembaga, OJK masih baru.
Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban

"Karena masih baru, OJK saat ini fokus untuk mempersiapkan pengembangan organisasi beserta infrastrukturnya," ujarnya.
Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Selama ini, menurut Muliaman, OJK mempersiapkan penyusunan regulasi atau pengaturan internal, seperti penyusunan sistem dan prosedur pelaksanaan tugas yang terkait dengan pengaturan kepegawaian, serta sistem keuangan internal.

Selain itu, dia menambahkan, harus ada penyusunan pengadaan barang dan jasa, tata kelola OJK, standar dan pedoman audit internal, serta manajemen risiko dan pengendalian kualitas.

Muliaman mengungkapkan, OJK juga fokus untuk menyusun dan menyinergikan regulasi dan pengaturan di sektor jasa keuangan. Selain itu, OJK sedang melakukan pengalihan fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan serta pengawasan sektor perbankan dari BI ke OJK yang akan dilaksanakan pada 31 Desember 2013. Upaya ini nantinya terkait penyediaan sumber daya manusia.

"Dengan kondisi seperti ini, maka prognosa anggaran pada 31 Desember 2013 adalah Rp1,34 triliun atau 82,69 persen dari pagu," katanya.

Muliaman menuturkan, kegiatan penyerapan anggaran baru akan dilaksanakan pada triwulan ketiga dan empat tahun ini. Selain itu, OJK meminta adanya realokasi anggaran sebesar Rp300 miliar.

Realokasi anggaran ini, menurut dia, akan ditujukan untuk pengadaan kendaraan dan rumah jabatan/dinas kantor OJK di daerah. Jika disetujui, Muliaman mengungkapkan, perkiraan realisasi anggaran OJK pada 31 Desember 2013 bisa mencapai 98,11 persen dari pagu. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya