Empat Rangkaian Kereta Bandara Habiskan Anggaran Rp750 Miliar

Uji Coba Kereta KRL Commuter Line
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews
Juru Parkir Liar Minta Bayar, Polda Metro Jaya Minta Masyarakat Lapor: Masuk Ranah Pidana
- PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan dana belanja modal sebesar Rp2,5 triliun untuk pengadaan rangkaian kereta api serta pembangun sarana dan prasarana.

Daftar Harga Pangan 10 Mei 2024: Bawang Putih hingga Telur Ayam Naik

Direktur Keuangan KAI, Kurniadi Atmosasmito, Senin 28 Oktober 2013, menjelaskan bahwa Rp750 miliar dari total dana belanja modal itu akan digunakan untuk membeli 4 rangkaian kereta api bandara. Satu set kereta api tersebut terdiri dari 8 hingga 10 gerbong.
Curhat Putu Satria ke Kekasih Sebelum Tewas Dianiaya Senior: Sakit Dadaku, Ulu Hati yang Diincar


"Proyek ini kami targetkan akan selesai pada pertengahan 2014 mendatang. Penumpang kereta bandara, bisa menggunakan layanan ini dari stasiun Manggarai, selanjutnya mengikuti jalur
commuter line
hingga Bandara Internasional Soekarno-Hatta," ujar Kurniadi di Jakarta.


Ia menjelaskan, dengan menggunakan kereta ini maka waktu tempuh ke bandara menjadi lebih singkat, sekitar 50 menit. Menurutnya, ini lebih efesien jika dibandingkan menggunakan bus yang perjalanannya bisa memakan waktu dua hingga tiga jam.


KAI, Kurniadi melanjutkan, menargetkan sedikitnya 20 persen penumpang pesawat terbang menggunakan transportasi ini menuju bandara.


Sedangkan untuk jalur lintasan kereta api, KAI juga akan membangun rel sepanjang 12,3 kilometer dari Batu Ceper hingga ke bandara Soekarno-Hatta.


Mengenai harga tiket, KAI akan memberikan tarif antara Rp60 ribu hingga Rp80 ribu untuk kereta angkutan khusus bandara ini. 


Menurut Kurniadi, penumpang pesawat terbang bisa lebih nyaman menggunakan moda transportasi ini.


"Kereta ini tidak disesaki oleh penumpang," kata Kurniadi. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya