Pasang Alat RFID Bisa di Kompleks Perumahan

Penerapan RFID di SPBU
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fanny Octavianus

VIVAnews - PT Pertamina akan membuka jasa pemasangan alat Radio Frequency Identification (RFID) untuk masyarakat yang tinggal di suatu kompleks perumahan. Upaya ini juga untuk mencapai target pemasangan RFID hingga Juli 2014.

"Kalau ada kelompok masyarakat yang ingin kendaraannya dipasangi RFID bersama-sama, tim pemasangan akan masuk ke kompleks perumahan itu. Sebaiknya seratus mobil per kompleks," kata Direktur Niaga dan Pemasaran Pertamina, Hanung Budya, usai acara "Deklarasi Nasional Pembentukan Karakter Sobat Bumi" di kantor pusat Pertamina, Jakarta, Rabu, 4 Desember 2013.

Hanung melanjutkan, Pertamina menargetkan pemasangan alat RFID akan rampung pada pertengahan 2014 di seluruh Indonesia. "Kami menargetkan 1 Juli 2014, seluruh kendaraan di Indonesia sudah terpasang RFID, sehingga transaksi bisa dimonitor," tuturnya.

Penjelasan BI soal Layanan Alipay Mau Masuk Indonesia

Pertamina mengklaim, pemasangan RFID untuk pelaksanaan Sistem Monitoring dan Pengendalian BBM (SMP BBM), berjalan mulus. "Progresnya bagus. Kami berharap Desember, sistem ini sudah efektif di Jakarta, khususnya pencatatan transaksi di SPBU," ujar Hanung.

Sistemnya, dia menambahkan, sudah 90 persen stabil dan peralatan sudah terpasang di 263 SPBU. Dia menuturkan, yang dihadapinya adalah stabilisasi sistem RFID. Sistem pencatatan transaksi ini dianggap masih rentan. 

Pendaftaran Petugas PPK Dimulai, KPU Depok Akan Rekrut 55 Orang

"Ini kan sensitif, masalah listrik. Saya berharap, PT Inti bisa menyelesaikan masalah-masalah teknisnya, sehingga Desember implementasinya bisa dilakukan di Jakarta," kata Hanung.

Hanung menyebutkan, saat ini, jumlah kendaraan yang terpasang RFID sudah mencapai 70.000 unit. Jumlah ini lebih tinggi 7.000 unit dibandingkan data yang disebutkan Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina, Ali Mundakir, yaitu 63.000 unit kendaraan.

"Mudah-mudahan, progresnya bagus, karena masyarakat sudah mulai aware, karena bisa membantu program pemerintah," ungkapnya.

Perusahaan energi pelat merah ini akan menambah titik pemasangan RFID, seperti area publik dan mal. (art)

Vidi Aldiano

Ternyata Vidi Aldiano Suka Berburu Free Ongkir dan Selalu Menang War Produk

Selebriti Vidi Aldiano mengaku suka belanja online dan berburu gratis ongkos kirim. Hal ini ia terapkan demi menghemat pengeluaran.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024