Cari Untung dari Kartu Kredit? Bisa Kok

VIVAnews - Kartu kredit selama ini dianggap menjadi biang masalah pembobol keuangan. Tuduhan tersebut bukan tanpa alasan, namun nyatanya kebobolan keuangan karena kartu kredit memang sering terjadi. Hal ini pun tidak terlepas dari kebiasaan jelek kita dalam menerapkan prinsip berbelanja.

"Kartu kredit sebenarnya bisa menguntungkan kalau kita bisa mengaturnya," kata Direktur Pemasaran Schroder Investment Management Lilis Setiadi pada acara Strategi Belanja di Masa Krisis di restoran Kembang Goela, Jakarta, Sabtu 4 April 2009.

Lilis menjelaskan, salah satu contoh manfaat kartu kredit adalah penawaran potongan harga (diskon) 25-30 persen di beberapa restoran yang bekerja sama dengan kartu kredit keluaran bank tertentu. Diskon itu tentunya memberi keuntungan ekstra bagi pecinta makanan. Selain bisa menikmati makanan enak, mereka juga menghemat pengeluarannya.

Namun, pengguna kartu kredit juga perlu memperhatikan biaya administrasi atau abodemen yang ditimbulkan dari penggunaan kartu kredit. Terkadang, biaya tersebut justru mendongkrak tagihan kartu kredit kita.

Dalam hal itu, Lily memberi satu jurus ampuh bagi pengguna kartu kredit. "Mereka bisa menghubungi agen kartu kreditnya dan meminta pembebasan biaya (wave). Biasanya hal itu bisa diizinkan, karena distributor tidak ingin kehilangan pelanggannya. Lumayan kan, dalam setahun kita bisa menghemat sekian juta," kata dia.

Lily menambahkan, pengguna kartu kredit yang hanya bertujuan untuk berjaga-jaga bisa memiliki dua kartu kredit saja. Namun, tidak ada salahnya jika memiliki banyak kartu kredit, bahkan hingga 10. Pasalnya, banyak kartu kredit yang menawarkan keuntungan tambahan, seperti poin yang bisa ditukar dengan layanan atau diskon tertentu. "Asalkan, pengguna kartu kredit bisa berbelanja pintar," kata dia.

Selain kartu kredit, Lily mengungkapkan, ada beberapa hal kecil lainnya yang bisa membobol keuagan, seperti jalan di mal tanpa tujuan, uang parkir, SMS vs telepon, ngopi-ngopi, nyalon, keanggotaan klub, dan rekening yang sudah tidak aktif.

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine
Pelatih PSS Sleman, Risto Vidakovic

PSS Sleman Fokus ke 3 Laga Terakhir demi Hindari Degradasi

PSS Sleman sukses menekuk Arema FC dengan skor 4-1 dalam laga lanjutan Liga 1 musim 2023/2024 yang digelar di Stadion Manahan Solo, Senin 15 April 2024. 

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024