Sulap Soekano-Hatta Jadi Heathrow, BUMN Siapkan Rp3,2 Triliun

Grand Desain Bandara Soekarno-Hatta
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Pemerintah menyediakan anggaran tambahan untuk pembenahan fasilitas dan sarana demi meningkatkan kualitas layanan di Bandara Soekarno-Hatta.

Tidak tanggung-tanggung, dengan alokasi anggaran tambahan sebesar Rp3,2 triliun pemerintah berambisi menyulap Bandara Soekarno-Hatta agar dapat menandingi Bandara Heathrow di London.

Menteri BUMN Dahlan Iskan, Kamis 9 Januari 2013, menyatakan investasi sebesar itu nantinya akan diambil dari anggaran dua perusahaan BUMN yang merupakan otoritas Bandara Soekarno-Hatta. Yaitu, Angkasa Pura II sebesar Rp2 triliun dan  Lembaga Penyelengara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau Air Navigation (Airnav) sebesar Rp1,2 triliun.

"Untuk Angkasa Pura II investasi semula Rp1,4 triliun tetapi ditingkatkan menjadi Rp2 triliun untuk membangun infrastruktur tambahan di Soekarno-Hatta," ujar Dahlan di Jakarta.

Sementara itu, Rp1,2 triliun yang dianggarkan akan Airnav digunakan untuk modernisasi perlengkapan navigasi lalu lintas udara.  "Saya suruh anggarkan tahun ini dan BUMN sudah sahkan. Sehingga Airnav bisa melakukan modernisasi peralatan sehingga bisa capai angka 72 kali penerbangan dalam satu jam," kata Dahlan.

Sebelumnya, Wakil Presiden Boediono menjadikan Bandara Heathrow di London, Inggris, sebagai acuan perbaikan Bandara Soekarno-Hatta. Pada Juni 2015, perbaikan infrastruktur dan manajemen di Bandara Soekarno-Hatta akan mampu menandingi pergerakan pesawat di salah satu bandara terpadat di Inggris itu.

Hal tersebut disampaikan Wapres, usai menggelar rapat terbatas mengenai pengembangan bandara dengan otoritas terkait di kantornya, Kamis 9 Januari 2014.

"Sudah ada studi dan kunjungan ke sana (Inggris), dan ada beberapa hal yang bisa dipelajari dan kita tingkatkan pelayanan di Bandara Soekarno-Hatta ini," ungkap Boediono.  (Baca juga .)

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu

(umi)

Viral Video Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Makeup pengantin adalah tata rias khusus yang dirancang untuk mempercantik dan menyempurnakan penampilan seorang pengantin pada hari pernikahannya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024