Tiket Ludes, Kereta Api Tak Tambah Kapasitas

Stasiun Gambir
Sumber :
  • VIVAnews/Ananda Putri Laras
VIVAnews
Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi
- PT Kereta Api Indonesia (Persero) menegaskan tidak ada penambahan kereta ke daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur meskipun tiket perjalanan kereta menuju daerah itu ludes terjual. Kepala Humas DAOP I KAI, Agus Komarudin, mengatakannya pada Sabtu, 15 Februari 2014.
Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

"Tidak ada (tambahan kereta)," kata Agus kepada
Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan
VIVAnews di Stasiun Gambir, Jakarta.

Dia mengatakan setiap harinya ada 50 kali perjalanan kereta dari Jakarta menuju ke daerah Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Setiap harinya, ada kapasitas seat sebanyak 25.064 tempat duduk. Setiap harinya, jumlah penumpang kereta api ada sekitar 85-90 persen dari total kapasitas seat yang disediakan KAI.


"Kemarin, hanya menjual sisa seat. Sepuluh sampai lima belas persen tiket inilah yang dicari pengguna jasa untuk wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur," kata dia.


Agus pun mengakui ada lonjakan penumpang sebanyak 10-15 persen. Tapi, KAI tidak bisa menjual tiket melebihi kapasitas yang ditentukan.


"Lonjakan penumpang jelas ada. Pada saat itu, perjalanan pesawat otomatis banyak yang beralih ke kereta api. Kemarin, mulai tanggal 13 hari ini, rata-rata (kenaikan) 10 persen. Tapi, kami tidak bisa melebihi kapasitas 25.064 itu. Tidak bisa jual lebih dari 100 persen," kata dia.


Ada seorang sumber VIVAnews yang menyebut bahwa penumpang kereta api di stasiun ini membludak akibat pembatalan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta.


"Di Gambir, ada 3-4 bus dari Bandara Soekarno Hatta ke Gambir yang membawa penumpang pesawat yang batal berangkat. Yang saya lihat dari teman-teman customer service lain, penumpangnya membludak, hampir 80 persen. Sekarang tiket dari Gambir ke Surabaya sudah habis," kata dia kepada VIVAnews.


Ketika dikonfirmasi kepada pihak KAI, Agus mengaku tidak mengetahui informasi tersebut. "Wah, saya malah tidak tahu," kata dia.


Refund gratis


PT Kereta Api memberlakukan
refund
gratis kepada penumpang yang membatalkan perjalanannya ke daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. "Kami memberlakukan keringanan pengguna jasa yang keberangkatannya dibatalkan karena erupsi," kata Agus.


Agus mengatakan, perusahaan pelat merah ini memberikan syarat penukaran tiket, yaitu tiket yang hari keberangkatannya 14-28 Februari 2014. Penumpang tidak dikenakan biaya pengembalian tiket. "Tidak dipungut biaya," kata dia.


Agus menambahkan, penumpang yang hendak membatalkan perjalanannya ke daerah-daerah yang terkena dampak erupsi, bisa menukarkan tiketnya ke stasiun asalkan membawa bukti identitas yang sama dengan yang tertera di tiket. Tapi, hal ini memerlukan proses hingga tiga hari.


"Tunggu 3x24 jam. Misalnya, tiketnya berangkat tanggal 15 Februari, tunggunya tanggal 18 Februari," kata dia.


Sementara itu, dari tanggal 13 Februari 2014 hingga hari ini, tercatat ada 100 tiket yang dikembalikan penumpang. "Tiket perjalanan ke arah Timur," kata pegawai DAOP I, Sega, kepada wartawan.


Sega melanjutkan, tiket yang dikembalikan itu dijual kembali kepada penumpang lain. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya