Industri Asuransi Harus Dipacu Hadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN

Ilustrasi asuransi
Sumber :
  • http://www.sourceins.com/
VIVAnews
Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia
- Pengusaha menilai pemerintah seharusnya memacu kesiapan industri, termasuk industri asuransi untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Selain mendorong kesiapan industri ini, pemerintah juga seharusnya memperhatikan subsektor industri asuransi.

Relawan Prabowo Batal Gelar Aksi, Polisi Berlakukan Pengalihan Arus Situasional Depan MK

"Kami memang memerlukan adanya kepercayaan timbal balik antara industri asuransi dan konsumen yang diatur oleh sistem legislasi yang baik," kata Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia, Suryo Bambang Sulisto, dalam seminar bertajuk "Kesiapan Industri Asuransi di Indonesia dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015" di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Selasa 25 Maret 2014.
Perkembangan Terbaru Pengobatan TBC Resisten Obat, Bikin Cepat Sembuh dengan Obat Ini!


Suryo mengatakan, kalau jaminan kepastian dalam asuransi dilakukan dengan baik, asuransi akan menciptakan kepastian dalam investasi dan keberlangsungan usaha.


Selain itu, imbuhnya, asuransi bisa menjamin kepastian perlindungan terhadap kehidupan sosial dan tenaga sosial. Dengan begitu, industri asuransi bisa menjamin kepastian, baik dari sisi produksi maupun konsumsi.


"Dalam bidang asuransi, kami memerlukan integrasi antara regulasi asuransi dan berbagai regulasi industri lain, juga dengan tata kelola kehidupan masyarakat. Dengan adanya integrasi, asuransi dapat berperan melakukan
social engineering
secara luas," imbuhnya.


Sementara itu, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perbankan dan Finansial, Rosan P. Roeslani, mengatakan, peluang asuransi menghadapi MEA cukup besar karena pasarnya tidak lagi hanya ada di satu negara ASEAN, tetapi juga negara-negara ASEAN lainnya.


"Ini peluang bagi perusahaan asuransi Indonesia juga untuk mencoba melakukan ekspansi ke negara-negara ASEAN lainnya," kata Rosan. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya