Pemerintah Kesulitan Impor Sapi Induk

Wakil Menteri Perdagangan RI, Bayu Krisnamurthi
Sumber :
  • VIVAnews/Bobby Andalan

VIVanews - Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, mengaku bahwa importasi sapi betina sulit dilakukan. Sebab, pasokannya sulit dicari.

"Sulit diterapkan. Kesulitan bukan dari kita, tetapi pasokannya yang sulit mencari sapi betina produktif dan indukan," kata Bayu di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis 22 Mei 2014.

Hal itu, tambah Bayu, disebabkan oleh pasar sapi induk yang sedikit. "Tidak mudah marketnya, tidak ada. Indonesia kan, belinya banyak," ujar dia.

Menurut data, Kementerian Perdagangan memberikan izin importasi sapi indukan kepada PT Sulung Ranch. Sapi indukan yang diimpor dari Australia ini digunakan untuk meningkatkan populasi sapi di Indonesia.

Kolaborasi Prabowo dan Raja Yordania, TNI Berhasil Kirim Bantuan RI ke Gaza via Udara

Sebenarnya, kementerian ini memberikan jatah 2.500 ekor untuk kuartal I 2014. Sayangnya, hingga kini, importasi sapi indukan tidak terealisasi. Lalu, kementerian memperpanjang kuotanya hingga kuartal II 2014.

Bayu mengatakan, kementerian juga berkonsentrasi pada pengembangan sapi bakalan. Sebab, sapi bakalan itu bisa digemukkan beberapa bulan sebelum disembelih.

"Untuk memenuhi kebutuhan, arahan dan kebijakannya (ditujukan ke) sapi bakalan," kata dia.

Dari kementerian menunjukkan, dari awal Januari hingga pertengahan Mei 2014, realisasi importasi belum mencapai 25 persen. Dari kuota sapi bakalan sebanyak 199 ribu ekor, yang masuk baru 45 ribu ekor.

Kemudian, jumlah sapi potong yang dimasukkan ke Indonesia sebanyak 15 ribu ekor atau 18 persen dari 81 ribu ekor. Untuk daging, impornya hanya tujuh persen atau sebanyak 3.010 ton dari kuota 43 ribu ton.

Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Lakukan Scaling Gigi
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum, PT PLN

39 Unit SPKLU PLN di Sepanjang Tol Trans Sumatra Siaga Layani Pemudik, Ini Titik Lokasinya

PT PLN (Persero) menyiagakan 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di seluruh tanah air untuk periode mudik lebaran tahun 2024

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024