Ekspor Alat Medis Ditargetkan Tumbuh Hingga 33,5%

Ilustrasi penelitian sel punca cawan laboratorium
Sumber :
  • iStock

VIVAnews - Pemerintah menargetkan ekspor produk peralatan medis tumbuh ratusan juta dolar Amerika Serikat pada 2014. Untuk mendorong pertumbuhan itu, pemerintah membidik pasar Afrika Selatan.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Nus Nuzulia Ishak, Jumat 30 Mei 2014, mengatakan, peralatan medis menjadi salah satu produk yang penting untuk terus dikembangkan.

Tak Kunjung Ketemu dengan Nikita Mirzani, Lolly Singgung Memperbaiki Diri

"Ekspor peralatan medis ditargetkan tumbuh 32,5-33,5 persen atau sekitar US$475-479 juta pada tahun ini," kata dia, dalam keterangan tertulis.

Menurut Nus, salah satu upaya yang ditempuh pemerintah untuk mendorong ekspor produk itu adalah mengikuti pameran Africa Health di Johannesburg, Afrika Selatan. Pemerintah bekerja sama dengan Asosiasi Produsen Alat Kesehatan Indonesia (Aspaki), Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Johannesburg, dan Kedutaan Besar RI (KBRI) di Pretoria, Afrika Selatan.

"Keikutsertaan Kemendag pada pameran yang berlangsung 29-31 Mei 2014 di Gallagher Convention Centre, Midrand, Johannesburg, Afrika Selatan, merupakan salah satu upaya memperbesar peluang ekspor produk peralatan medis Indonesia," ujar Nus.

Ajang Africa Health 2014, merupakan pameran produk kesehatan yang telah tiga kali diselenggarakan, tetapi Indonesia baru mengikuti pameran pada tahun ini. Menempati area seluas lima ribu meter persegi, pameran ini diikuti oleh 400 peserta dan 15 paviliun negara, serta dikunjungi lebih dari lima ribu pengunjung.

"Sebagai salah satu pameran khusus peralatan medis, Africa Health 2014 menjadi target promosi yang tepat bagi Indonesia demi meningkatkan ekspor, khususnya di kawasan Afrika," kata dia.

"Promosi ini diharapkan dapat meningkatkan peran ekspor peralatan medis Indonesia untuk mencapai target ekspor ke Afrika Selatan pada 2014, yang ditargetkan tumbuh 2,5-3,5 persen atau sekitar US$1,3 miliar," tambah Nus.

Menurut data Kementerian Perdagangan, total perdagangan Indonesia dengan Afrika Selatan pada 2009-2013 cenderung meningkat dengan tren positif sebesar 26 persen. Transaksi nonmigas Indonesia-Afrika Selatan pada 2013 didominasi ekspor senilai US$1,27 miliar.

Pada periode Januari-Februari 2014, ekspor ke Afrika Selatan telah mencapai US$317,5 juta atau meningkat 164,8 persen secara nilai dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Ekspor produk peralatan medis Indonesia pada 2013 mencapai US$264 juta. Pada periode Januari-Februari 2014, telah mencapai US$48 juta atau meningkat 18,35 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Negara tujuan utama ekspor produk peralatan medis Indonesia adalah Singapura, Jerman, Jepang, Amerika Serikat, dan Republik Rakyat Tiongkok. (art)

Defisit 3 Gol, Liverpool Ingin Bikin Keajaiban Comeback di Markas Atalanta
Daniel Mananta

Istri Dicopet hingga Barang Berharga Raib, Daniel Mananta Pilih Maafkan Pelaku

Kamera CCTV mengabadikan tindak pencurian itu, videonya kemudian diunggah Daniel Mananta ke Instagram pribadinya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024