Jelang Puasa, Pertamina Tambah Pasokan Elpiji 3 Kilogram

Pengisian tabung gas elpiji.
Sumber :
  • ANTARA/Syaiful Arif

VIVAnews - PT Pertamina Pemasaran Jawa Bagian Barat menambah pasokan elpiji 3 kilogram, sebagai antisipasi peningkatan kebutuhan Elpiji jelang dan selama bulan puasa.

AHY Wanti-wanti Prabowo Usai Bertemu Cak Imin

Penambahan pasokan itu berada di tiga provinsi, yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten. Tambahannya mencapai 2,95 juta tabung.

"Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat dengan mudah memperoleh tabung elpiji 3 kg dan untuk pemenuhan kebutuhan elpiji menjelang puasa tahun ini," kata Assistant Manager External Relation Marketing Operation Region III, Milla Suciyani, dalam keterangan tertulisnya, Jumat 6 Juni 2014.

Milla mengatakan, penambahan pasokan akan dilaksanakan pada pekan kedua bulan ini untuk ketiga provinsi. Untuk Provinsi Jawa Barat dengan alokasi harian sebanyak sekitar 1,15 juta tabung akan diberikan tambahan pasokan sebanyak lebih dari dua juta tabung.

Sementara itu, tambahan elpiji melon untuk Provinsi DKI Jakarta, mencapai sekitar 506 ribu tabung dari alokasi harian sebanyak 338 ribu tabung. Kemudian, untuk Provinsi Banten, tambahan pasokan mencapai 419 ribu tabung dari alokasi harian sebanyak sekitar 280 ribu tabung.

"Dengan adanya tambahan pasokan ini, Pertamina berharap kebutuhan masyarakat akan elpiji 3 kg dapat terpenuhi," kata dia.

Milla melanjutkan, Pertamina sebagai badan usaha yang diberikan tugas oleh pemerintah untuk mendistribusikan barang bersubsidi elpiji 3 kg, berusaha untuk melakukan monitoring di lapangan.

5 Film Romantis Berlatar Perang Dunia II, Kisah Cinta di Tengah Kekacauan

Untuk itu, sejak Desember 2013, Pertamina mulai menerapkan sistem monitoring distribusi elpiji 3 kg yang dikenal dengan nama SIMOL3K. Dengan sistem ini, perjalanan distribusi elpiji ini dapat dipantau, sehingga mencegah terjadinya pemanfaatan oleh pihak-pihak yang ingin melakukan aksi penyelewengan.

Pertamina kembali mengingatkan bahwa elpiji 3 kg ini, sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM No. 26/2009 tentang Penyediaan dan Pendistribusian Liquefied Petroleum Gas bahwa elpji 3 kg diperuntukkan bagi rumah tangga dengan belanja bulanan maksimal Rp1,5 juta dan usaha mikro, yakni usaha dengan modal kurang dari Rp50 juta dan omzet kurang dari Rp300 juta per tahun.

Untuk kalangan yang tidak berhak menggunakan elpiji melon ini, Pertamina menyediakan produk elpiji non-subsidi, yakni tabung 50 kg, Bright Gas kemasan 12 kg, maupun Ease Gas kemasan 9 kg dan 14 kg.

"Pertamina juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama membantu pengawasan distribusi elpiji 3 kg, agar hanya digunakan oleh orang yang berhak," ujar Milla.

10 Tips Mencegah Aksi Kekerasan Antar Siswa di Sekolah

Sementara itu, apabila ada indikasi terjadinya penyelewengan elpiji 3 kg, masyarakat dapat menyampaikan laporan ke kepolisian setempat, pemda, Hiswana, atau ke Pertamina melalui contact center Pertamina di nomor (021) 500-000. (art)

Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengusung Imam Budi Hartono sebagai Cawalkot Depok

Resmi! PKS Usung Imam Budi Hartono Jadi Bakal Calon Wali Kota Depok

DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyetujui untuk merekomendasikan Imam Budi Hartono sebagai bakal calon Wali Kota Depok pada Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024