Mi Koba, Kuliner Khas Bangka Belitung

Ilustrasi mie udon
Sumber :
  • Wikipedia
VIVAnews
4 Tanda Zodiak Paling Sederhana dan Humble, Apakah Kamu Termasuk dalam Daftar Ini?
- Indonesia memiliki banyak kekayaan yang patut dilestarikan dan dibanggakan, mulai dari budaya, sejarah, bahasa, hingga kuliner yang nikmat dan bermacam macam.

Syamsuddin Haris Heran Albertina Ho Dilaporkan ke Dewas, Sindir Dugaan Etik Nurul Ghufron

Nah, di Bangka Belitung juga ada kuliner khas yang enak dan bisa membuat lidah bergoyang. Mi koba namanya. Mi yang satu ini sangat nikmat dan khas karena kuah mi berasal dari daging ikan tenggiri dengan bumbu khusus resep sang pembuatnya.
Bawaslu Ultimatum Jajaran Tak Main Mata Dalam Proses Rekrutmen Panwascam Pilkada 2024


Mi koba dibuat secara manual dari tepung terigu pilihan. Sedangkan kuah dari mi koba dibuat dari ikan tenggiri yang direbus kemudian digiling, lalu ditumis dan direbus lagi bersama bumbu rempah rempah, seperti pala, cengkeh, ketumbar dan gula aren serta kayu manis.


Ada juga bumbu rahasia lainnya hingga menjadi kaldu, tetapi dengan tekstur lembut dan daging ikan masih terasa lembut jika Anda memakannya. 


Jika ingin menyantap mi koba, Anda dapat menemuinya di restoran mi koba milik Iskandar, di seputaran Jalan Balai Kota Pangkal Pinang, Bangka Belitung.


Kuliner mi koba ini biasa disajikan dengan tauge dan taburan bawang goreng serta daun seledri di atasnya untuk menambah gurihnya rasa dari mi koba.


Iskandar, pemiilik restoran mi koba sekaligus penerus ke-tiga pengelola usaha itu, mengatakan mi koba ini merupakan kuliner warisan turun temurun dari kakeknya sejak sekitar 50 tahun yang lalu.


Namun, dulu kuliner ini belum diberi nama menjadi mi koba, melainkan mi biasa.


Menurutnya, pemberian nama mi koba tersebut berdasarkan nama satu daerah bernama kecamatan Koba, yang berada di wilayah kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung, oleh Bupati Bangka Tengah, Abu Hanipah sekitar 12 tahun silam.


Dia menuturkan, pecinta mi koba ini tidak hanya warga Bangka Belitung saja. Pengunjung dari luar kota yang datang ke Bangka Belitung biasanya menyempatkan diri untuk menyantap mi koba yang sudah banyak dikenal karena rasanya gurih.


Dia menambahkan, nikmatnya kuliner mi koba ini hanya dibanderol senilai Rp12 ribu saja untuk setiap porsinya.


Dia menjelaskan, restoran mi koba miliknya per hari bisa menghabiskan 500 porsi mi atau senilai Rp6 juta, mulai dari buka pukul 8 pagi dan tutup pada jam 10 malam. (
tvOne/Agus Hendrayadi
)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya