GMF Jadi Pusat Pelatihan Airbus Pertama di Dunia

Airbus A320 Sharklet
Sumber :
  • Airbus

VIVAnews - European Aviation Safety Agency (EASA) selaku otoritas penerbangan sipil Eropa menyatakan anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk, Garuda Maintenance Facility Aero Asia berhasil melewati tahapan audit sebagai Airbus Remote Training Center (ARTC) atau pusat pelatihan Airbus.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Kepastian lulus ini diambil setelah auditor EASA, Dominique Lissandres tidak mendapati temuan (finding) selama melaksanakan audit di GMF pada 1-4 Juli 2014.

Direktur Human Capital and Corporate Affairs GMF Aero Asia, Harkandri M Dahler, Selasa 15 Juli 2014, menjelaskan bahwa GMF AeroAsia menjadi pusat pelatihan Airbus pertama di dunia di luar Airbus.

“EASA akan memberikan persetujuan secara resmi kepada Airbus untuk memasukkan GMF sebagai ARTC,” ujar Harkandri.

Audit kesiapan GMF menjadi ARTC ini dilakukan bersamaan dengan audit tahunan Aircraft Maintenance Training Organization (AMTO) 147 EASA. Dalam audit ini, GMF mengajukan penambahan rating untuk training type rating pesawat B747-400.

Penambahan rating dilakukan seiring dengan pengembangan kapabilitas GMF dalam perawatan pesawat sekaligus menjawab kebutuhan pasar. Audit tahunan ini dilakukan untuk memastikan GMF mematuhi ketentuan regulasi dan prosedur yang ditetapkan EASA, sehingga sertifikat approval EASA yang sudah dimiliki oleh GMF dapat diperpanjang.

Selama audit ARTC berlangsung, auditor EASA, menurut Harkandri, melakukan inspeksi terhadap fasilitas GMF Learning Services seperti ruang kelas EASA, ruang kelas ARTC, ruang ujian, dan ruang record training. Berbagai dokumen yang terkait training seperti record training, record instruktur, prosedur, dan sertifikat training juga diaudit. Auditor juga minta salah seorang instruktur ARTC GMF mempresentasikan materi type rating Airbus di sesi demonstrasi real classroom.

“Auditor ingin memastikan proses di GMF sama dengan yang dijalankan di training center Airbus,” katanya.

Ia melanjutkan, dengan menjadi ARTC, GMF dapat memberikan training sesuai standar Airbus, terutama training type rating pesawat A320 dan A330. Adapun dengan approval AMTO 147 EASA, GMF berhak menyelenggarakan training type rating B737-NG dan B747-400 sesuai standar otoritas Eropa.

Dalam pengembangan fasilitas training ini, GMF berencana menambah rating untuk pelatihan pesawat Bombardier CRJ1000 dan ATR72-600. “Dengan menjadi ARTC kedua pihak saling diuntungkan,” katanya.

Kepercayaan Airbus ini, menurutnya, menjadi bukti kapabilitas GMF dalam melaksanakan perawatan pesawat Airbus. Sementara itu, bagi Airbus, kerja sama ini dapat mempercepat perkembangan pasar Airbus di Indonesia khususnya dan Asia Tenggara.

“Airbus ingin lebih dekat dengan maskapai-maskapai yang mengoperasikan pesawatnya,” katanya. Indonesia dan negara-negara lain di Asia Tenggara menjadi perhatian karena perkembangan pasarnya menjanjikan.

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

“Pelatihan yang sesuai standar Airbus merupakan jawaban terhadap kebutuhan yang terus meningkat,” katanya. (art)

Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024