Bappenas Akui Ada Perlambatan Ekspor


VIVAnews - Pasar ekspor Indonesia hingga akhir Desember 2008 dijamin aman. Meski terjadi penurunan, nilainya tidak akan terlalu besar.

Menurut Direktur Investasi, Perdagangan, dan Kerjasama Ekonomi Internasional Bappenas Adie Putra Alfian bahwa jaminan pasar ekspor tersebut terkait dengan kontrak Letter of Credit (L/C) untuk 2-3 bulan mendatang yang sudah pasti.

"Namun, memang akan ada perlambatan," katanya di Jakarta, Selasa 28 Oktober 2008. Menurut dia, selain karena turunnya harga komoditas, perlambatan itu juga disebabkan oleh permintaan pasar yang menurun.

Kondisi 2009, menurut Adie, sulit ditebak. Adanya gejolak perekonomian global dirasa berpengaruh besar terhadap permintaan ekspor Indonesia. Namun, dia berharap kebijakan pemerintah AS dan negara-negara Eropa yang mendukung upaya keluar dari krisis bisa segera memulihkan pasar ekspor.

"Apalagi setelah AS melaksanakan pemilihan presiden akan memberikan tren positif bagi pasar ekspor," katanya.

Terkait  pelemahan rupiah, dia menyarankan agar produk-produk impor yang bisa disubtitusi oleh komponen lokal sebaiknya manfaatkan produk dalam negeri. 

Pelita Air Klaim Tak Ada Kendala saat Angkut Penumpang Arus Balik Lebaran 2024
Ilustrasi vagina

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Memang aroma vagina setiap orang itu berbeda-beda hal ini dipengaruhi oleh siklus menstruasi, hormon, hingga flora pada vagina wanita.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024