Taipan Thailand Gigih Kuasai Ritel Inggris

Tesco Supermarket
Sumber :
  • www.bestoffersuk.com

VIVA.co.id - Salah satu orang terkaya Thailand, Dhanin Chearavanont tengah melakukan lobi lain untuk memenuhi hasratnya, guna membeli jaringan ritel asal Inggris, Tesco, dengan nilai miliaran poundsterling.

Sebenarnya, menurut The Telegraph, Selasa 10 Februari 2015, niatan Dhanin untuk mengakuisisi Teco ditolak pada Desember tahun lalu. Tetapi, taipan itu sedang mempertimbangkan cara lain untuk melakukan penawaran.

Dhanin mengendalikan kelompok ritel Siam Makro di Thailand, dan masih menginginkan Tesco Lotus, demi meningkatkan penguasaan pasar. Tesco Lotus memiliki lebih dari 1.700 toko di Thailand, dan itu menjadi salah satu ekspansi bisnis Tesco yang paling sukses di luar Inggris.

Kepala eksekutif Tesco, Dave Lewis, pernah dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk menjual aset internasional mereka. Perusahaan retailer terbesar Inggris itu sedang mencoba bangkit dari skandal akuntansi dan penurunan penjualan domestik.

Kantor berita Reuters pernah menulis, Dhanin disebut-sebut menunjuk UBS Asset Management dan Siam Commercial Bank untuk melakukan penawaran pada Tesco Lotus. Bank of America juga disebut, terlibat dalam upaya penawaran itu.

Namun, kabar itu agaknya secara tidak langsung ditampik oleh Tesco. Katanya, tidak ada pembicaraan kesepakatan senilai US$10 miliar antara Dhanin dan Tesco untuk aksi akuisisi.

Sebaliknya, Tesco justru secara aktif berusaha untuk menjual sebagian, atau seluruh saham Dunnhumby. Anak perusahaan itu bergerak di bisnis analisis di balik skema loyalitas pelanggan Clubcard.

Goldman Sachs telah ditunjuk oleh Tesco untuk mengeksplorasi pilihan strategis untuk Dunnhumby. Langkah itu bisa diartikan, dari pada membuang saham, Tesco lebih memilih berfokus pada penjualan saham mayoritas di Dunnhumby.

Saham di Bursa-bursa Asia Rabu ini Dibuka Melemah

Meski begitu, sampai saat ini belum ada kepastian, apakah Tesco bakal menjual jaringan tokonya di Thailand, atau justru benar-benar menjual saham anak perusahaannya, Dunnhumby. (asp)



Baca juga:


Ramayana Susun Strategi Demi Raup Rp8,3 Triliun
Usaha ritel minimarket

Aprindo Jelaskan Soal Minimarket Mainkan Harga

Pengaturan harga produk umumnya secara terpusat.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016