12.200 Orang Kehilangan Pekerjaan di Australia

Bank Sentral Australia atau Reserve Bank of Australia
Sumber :
  • REUTERS/Jason Reed
VIVA.co.id -
Pelecehan Seksual Bayangi Anak Pengungsi di Australia
Tingkat pengangguran Australia melonjak menjadi 6,4 persen pada bulan Januari. Catatan itu cukup mengejutkan, sebab tingkat pengangguran di Negeri Kanguru pada Desember lalu sebesar 6,1 persen.

Australia Siapkan Program 5.000 Doktor untuk Indonesia

Melansir
Indonesia Ajarkan Australia Cara Tangani Terorisme
The Sydney Morning Herald , Kamis 12 Februari 2015, biro statistik (The Australian Bureau of Statistics) mengatakan jumlah orang yang dipekerjakan turun 12.200 ke 11.668.000 pada bulan Januari. Penurunan itu melebihi ekspektasi pasar yang sempat memperkirakan penurunan jumlah tenaga kerja hanya sebanyak 5.000 orang.


Fakta ini membuat angka pengangguran resmi meningkat jadi 6,4 persen dibanding 6,1 persen pada Desember. Sementara, tingkat partisipasi tetap stabil di 64,8 persen dari total populasi.


Sejalan dengan itu, nilai tukar dolar Australia juga merosot lebih dari setengah sen terhadap dolar Amerika Serikat menjadi 76,63 sen per dolar Australia.


Bank sentral (The Reserve Bank of Australia) menyoroti keprihatinan atas kemerosotan bursa pekerjaan pada minggu lalu, seiring pemangkasan suku bunga untuk kali pertama sejak 18 bulan terakhir.


Fakta itu tampaknya akan meningkatkan spekulasi bahwa bank sentral akan melakukan pemangkasan suku bunga lagi dalam beberapa bulan ke depan. (ren)


Baca juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya