Pemerintah Pastikan Mata Pencaharian Baru Transmigran

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar.
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Pemprov Jakarta Akan Kirim 50 KK untuk Transmigrasi
- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menargetkan 40 juta jiwa melakukan trasmigrasi dalam lima tahun ke depan.

48 Kota Terpadu Mandiri Kawasan Transmigrasi Dikembangkan

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar, Jumat 8 Mei 2015, mengatakan prospek ke depan bagi masyarakat yang terkena program transmigrasi, dipastikan kebutuhan dan taraf hidupnya menjadi lebih baik.
Alasan Menteri Desa Galakkan Transmigrasi


"Saat ini, para transmigran akan diberikan dana tambahan dengan diberikan pekerjaan baru, yakni menggarap perkebunan dan pertanian," ujar Marwan, di kantornya, Kalibata, Jakarta Selatan.


Marwan menuturkan, dengan menggarap perkebunan dan pertanian, dipastikan membutuhkan lahan kosong dan bebas yang tidak sedikit, sehingga pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional untuk mengadakan lahan tersebut.


"Kami (Kementerian PDTT) sudah siapkan 600 hektare lahan, ditambah dari Ibu Siti Nurbaya (Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan) dan Pak Ferry Musyidan Baldan (Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional), kurang lebih ada 3,5 juta hektare yang sudah terindentifikasi. Selanjutnya, akan terus kami detailkan jumlahnya," katanya.


Dalam program transmigrasi ini, sebanyak 144 kawasan transmigrasi di Indonesia sudah siap jadi tujuan para transmigran. Fokus daerah tersebut rata-rata di daerah perbatasan di Pulau Kalimantan, seperti Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya