Industri Unggas Sumbang Satu Persen PDB

Ilustrasi unggas
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
IMF Proyeksikan Ekonomi RI Tumbuh 4,9 Persen di 2016
- Industri peternakan unggas Indonesia memberi sumbangan sekitar satu persen dari produk domestik bruto (PDB) nasional.

Kendala Bulog Pengadaan Sapi Dari Nusa Tenggara

"Meski masih dibayangi berbagai penyakit, khususnya yang menyebabkan kematian secara besar-besaran pada unggus seperti virus flu burung, namun populasi unggas di Indonesia masih tinggi," kata peneliti FAO Emergency Center for Transboundary Animal Diseases (FAO ECTAD) Indonesia, Luuk Schoonman di Kampus UGM, Kamis 21 Mei 2015.
Beda Kontribusi UKM Indonesia dengan UKM Amerika


Saat ini, populasi unggas nasional mencapai 1,6 miliar ekor unggas. Dari jumlah tersebut tercatat, sebanyak 1,2 miliar ekor ayam pedaging, 150 juta ayam petelur, dan 280 juta ayam kampung.


Luuk mengatakan, industri peternakan unggas mampu meningkatkan pendapatan ekonomi sebagian masyarakat yang menekuni usaha produk hasil ternak ini.


“Konsumsi produk unggas akan meningkat beberapa kali lipat dalam 10 tahun mendatang, ini juga didukung oleh produksi unggas yang lebih tinggi untuk kelompok usaha unggas komersial skala kecil dan menengah,” ujarnya.

 

Namun, Schoonman menyoroti masih lemahnya pelaku usaha yang menerapkan biosekuriti dan sanitasi secara ketat, serta vaksinasi secara teratur. Soalnya, industri unggas berisiko terkena penyakit yang sangat merugikan para peternak, salah satunya infeksi virus flu burung.


“Flu burung sangat patogen, sudah terdeteksi di Indonesia pada tahun 2004. Penyakit ini telah menyebar di 32 dari 34 provinsi, menyebabkan kematian jutaan unggas, dan mengganggu mata pencaharian banyak orang yang bergantung pada pemeliharaan unggas,” tuturnya.


Menurutnya, vaksinasi menjadi salah satu upaya untuk mengontrol virus influenza yang terus mengalami mutasi, sehingga membutuhkan perlakukan dan vaksin yang berbeda pula.


“Sistem pengawasan, baik di peternakan unggas dan di pasar unggas hidup memungkinkan untuk memantau pengendalian virus ini,” katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya