Jokowi Targetkan Produksi Cokelat RI Nomor 1 di Dunia

Presiden RI Joko Widodo akan menjadi pembicara di pertemuan G7 di Jepang.
Sumber :
  • Antara/Wahyu Putro
VIVA.co.id
Jokowi: Tax Amnesty Jadi Jawaban Merebut Dana Investasi
- Presiden Joko Widodo mengharapkan agar produksi cokelat Indonesia dapat menjadi nomor satu di dunia dalam lima hingga enam tahun ke depan.

Disindir Jokowi Soal Anggaran, Ini Kata Gubernur Aher

“Saat ini cokelat kita nomor tiga di dunia, diharapkan dalam waktu lima hingga enam tahun bisa menjadi nomor satu,” kata Jokowi, seusai meresmikan pabrik smelter nikel di Desa Fatufia, Kecamatan Bahodopo, Morowali, Sulawesi Tengah, seperti dikutip pada laman Sekretariat Negara, Senin 1 Juni 2015.
Jokowi 'Semprot' Ahok Soal Serapan Anggaran


Untuk dapat memacu produksi tersebut, Jokowi menyerukan untuk menyuntik dana lagi guna meremajakan tanaman cokelat yang sudah tua.


“Kalau itu dilakukan secara konsisten, Insya Allah bisa jadi nomor satu. Saya sudah beberapa kali ke lapangan penghasil cokelat, saya lihat bukan sesuatu yang sulit. Ini hanya masalah niat mau atau tidak memberi perhatian ke petani cokleat,” kata Jokowi.


Menurut Jokowi, jika memang ada niat untuk memberikan perhatian lebih. Artinya, lanjutnya, anggaran untuk petani coklat akan dimasukan dalam anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).


“Kalau tidak keliru, tahun ini seluruhnya Rp1,8 triliun. Saya tidak tahu yang diberikan ke Pak Gubernur berapa, tahun depan akan naik lagi. Targetnya, nomor satu di cokelat,” kata Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya