Kemenhub Kaget Dirut AP I Diganti Mantan Dirut Pelni

Melihat fasilitas di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta
Sumber :
  • direktori-wisata.com
VIVA.co.id
Sebagian Pelabuhan di Indonesia Akan Diswastanisasi
- Pergantian direksi PT Angkasa Pura I (Persero) dan PT Pelni (Persero) menimbulkan reaksi dari Kementerian Perhubungan. Kemenhub terkejut mendapatkan informasi itu.

Terminal 3 Beres, Terminal 1 dan 2 Soeta Segera Direnovasi

Staf Khusus Menteri Perhubungan, Hadi M. Djuraid, mengatakan Kementerian Perhubungan saat ini fokus kepada persiapan angkutan Lebaran 2015.
Menhub Klaim Terminal 3 Bisa Saingi Bandara Tercanggih


Kemenhub mengerahkan semua upayanya agar angkutan Lebaran tahun ini lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya.


Namun, di tengah persiapan tersebut, pihaknya mendapatkan informasi bahwa ada pergantian dirut Pelni dan Angkasa Pura I pada Senin 22 Juni 2015 oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).


"Pergantian tersebut mengejutkan jajaran Kementerian Perhubungan karena berlangsung pada tahap penting persiapan angkutan Lebaran 2015," kata Hadi, di Jakarta, dikutip dalam keterangannya, Selasa 23 Juni 2015.


Padahal, lanjut dia, Pelni memegang peranan penting dalam penyelenggaraan angkutan Lebaran dengan moda transportasi kapal laut.


Sementara itu, Angkasa Pura harus mempersiapkan 13 bandara di bawah koordinasinya untuk mendukung kelancaran angkutan Lebaran melalui moda pesawat udara.


"Kajian Pusat Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik tahun ini naik sekitar 2-3 persen. Peningkatan itu menuntut kesiapan seluruh operator transportasi di semua moda untuk bisa melayani para pemudik dengan lebih optimal," kata dia.


Meskipun demikian, Hadi melanjutkan, Kementerian Perhubungan berharap agar dirut Pelni dan Angkasa Pura I bisa langsung terlibat dan berperan dalam mendukung keberhasilan angkutan Lebaran 2015.


Seperti yang diketahui, kemarin, Kementerian BUMN memberhentikan dirut Angkasa Pura I, Tommy Soetomo. Alasannya, masa jabatannya habis. Penggantinya adalah Sulistyo Wimbo Hardjito yang merupakan dirut Pelni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya