Ini Arti Kerja Sama Pertamina-Pupuk Indonesia

Gelar Barang Bukti Pupuk Ilegal
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA.co.id - PT Pertamina bersama dengan PT Pupuk Indonesia melakukan Kajian Pengembangan Pabrik Petrokimia Berbasis Gas dan Batubara, Kajian Sinergi EPC (Engineering, Procurement, Construction), dan O&M (Operations & Maintenance) melalui optimalisasi aset, dan Knowledge Sharing antara Para Pihak maupun dengan afiliasinya.

Nota Kesepahaman ditandatangani oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dan Direktur Utama Pupuk Indonesia Arifin Tasrif di Kantor Kementerian BUMN pada Rabu 1 Juli 2015. 

Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE

Diutarakan Dwi, penandatanganan nota kesepahaman ini memiliki arti penting  dan disusun dalam rangka sinergi BUMN. Indonesia hingga saat ini masih belum bisa mandiri untuk memenuhi produk-produk petrokimia yang menjadi kebutuhan industri nasional.

"Semoga sinergi dari dua perusahaan yang berada di bawah naungan Kementerian BUMN ini mampu memberikan manfaat dalam menunjang pertumbuhan ekonomi nasional melalui penguatan industri petrokimia”, katanya.

Pertamina Jamin Stok Premium Tetap Tersedia di Medan

Ruang lingkup dari kerja sama antara kedua belah pihak tersebut, di antaranya adalah penyusunan studi kelayakan terhadap pengembangan pabrik petrokimia berbasis gas dan batubara. Pengembangan pabrik petrokimia dirasakan sangat penting, karena hingga saat ini suplai bahan baku petrokimia masih mengandalkan impor.

Manfaat dari pengembangan industri petrokimia tidak hanya berdampak pada perkuatan rantai pasok dari hulu ke hilir. Tetapi, juga sangat positif bagi perekonomian nasional, yaitu mendorong pertumbuhan ekonomi, penghasil devisa, dan menyerap tenaga kerja Ruang lingkup selanjutnya dalam nota kesepahaman ini adalah pengembangan kapabilitas di bidang EPC (Engineering, Procurement, Construction) dan O&M (Operations & Maintenance). 

Semua itu dapat dilakukan melalui optimalisasi aset dan, atau akuisisi portfolio saham di antara kedua belah pihak. Hal ini sangat penting untuk mendorong kemandirian bangsa melalui penggunaan sumber daya dan komponen lokal.

Hal selanjutnya yang masuk dalam ruang lingkup nota kesepahaman adalah penyusunan laporan bersama yang berisi kajian-kajian yang dilakukan dalam bentuk kesimpulan dan, atau rekomendasi dari hasil kajian bersama, serta berbagi pengetahuan di antara para pihak maupun dengan afiliasinya.

Pertamax Turbo Hanya Cocok untuk Mesin Kompresi Tinggi

Nota Kesepahaman berlaku satu tahun sejak ditandatangani dan dapat diperpanjang sesuai kesepakatan tertulis para pihak. (asp)

Pengumuman Direksi Pertamina oleh Menteri BUMN

Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE

Pengkajian secara bisnis dilakukan perseroan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016