H+5, Arus Balik Jawa ke Bali Sudah Capai 18%

Pemudik dengan kepal laut, lebaran 2015
Sumber :
  • VIVA.co.id/Veros Afif

VIVA.co.id - Memasuki H+3 Lebaran, arus balik di Pelabuhan Ketapang, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dipastikan akan terus meningkat.

Pemerintah Bakal Mudahkan Swasta Bangun Pelabuhan

Hingga Selasa 21 Juli 2015, jika dibandingkan dengan total arus mudik pada H-7  hingga H+2, tercatat arus balik sudah mencapai 18 persen untuk penumpang, 12 persen untuk motor dan 22 persen untuk kendaraan roda empat atau lebih.

Sekretaris PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry, Christine Hutabarat mengatakan, tercatat hingga pagi tadi sebanyak 86.255 orang penumpang, 11.727 motor dan 10.160 roda empat atau lebih milik pemudik telah kembali menyeberang dari Jawa ke Bali.

"Peningkatan arus balik di Ketapang sifatnya gradual dan tidak meningkat drastis," ujar Christine dalam keterangannya, Selasa 21 Juli 2015.

Christine mengatakan, kondisi Pelabuhan dipastikan masih sangat lancar bahkan cenderung lengang hingga siang ini.

"Untuk itu, ASDP sudah menyiagakan kapal-kapal untuk operasi, dan akan langsung meningkatkan keberangkatan kapal agar tidak sempat terjadi kepadatan di pelabuhan," katanya

Pihak ASDP Indonesia Ferry Ketapang memperkirakan lonjakan arus balik akan terjadi pada hari ini, dan Sabtu mendatang.

"Kami sudah menyiapkan segala sesuatunya agar arus balik di Ketapang berjalan lancar, aman dan nyaman. Mulai kesiapan armada, kesiapan kapal, manajemen operasional dan pelabuhan yang efektif, hingga keamanan dan kesehatan. Semuanya sudah disiagakan," tegas General Manager ASDP Indonesia Ferry Ketapang, M Yusuf Hadi.

Menteri Perhubungan Budi Karya meninjau pelayanan KRL Commuter Line

Sebagian Pelabuhan di Indonesia Akan Diswastanisasi

Kebijakan itu sedang digodok oleh Kementerian BUMN dan Perhubungan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016