Jokowi: Saya Tidak Suka Eksportir yang Suka Mengeluh

Pelabuhan JICT.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo mencanangkan peningkatan ekspor tiga kali lipat di Provinsi Sulawesi Selatan, hari ini, Senin 3 Agustus 2015.

Tepung Kelapa dari Sulut Diminati Warga Rusia

Target tersebut diyakini dapat tercapai dengan banyaknya komoditas ekspor yang belum tergali di provinsi tersebut. Dengan target ini, dia mendorong para pelaku usaha khususnya eksportir dapat meningkatkan kinerja ekspor yang dilakukan. Karena menurut dia, banyak komoditas khususnya pangan di daerah tersebut yang berpotensi untuk diekspor, dan selama ini belum tergali.

Ia akan membentuk tim khusus ntuk memastikan target tersebut tercapai.

Kementerian ESDM Perpanjang Izin Ekspor Freeport?

"Jadi jangan dilihat kalau ekonomi kita tidak ada peluang, Pengusaha harus melihat peluang tersebut," kata Jokowi dalam sambutannya yang dilaporkan secara live oleh tvOne dari Sulawesi Selatan, Senin, 3 Agustus 2015.

Menurut dia, pelemahan nilai rupiah terhadap dalar AS harus menjadi pemicu peningkatan ekspor tersebut. Bukan malah menjadi bahan keluhan yang selalu disampaikan pengusaha.

Jokowi: Tax Amnesty Jadi Jawaban Merebut Dana Investasi

"Saya paling tidak senang kalau ketemu eksportir yang suka mengeluh. Memang harus eksportir dengan semangat petarung yang bisa melihat peluang itu," ujarnya menegaskan.

Mengenai peningkatan ekspor tiga kali lipat di Sulawesi Selatan, peran aktif pemerintah daerah setempat juga diapresiasi. Karena, pada akhirnya masyarakat setempat yang merasakan buah manis dari pertumbuhan ekonomi tersebut.

"Saya harap daerah-daerah lain bisa ikut berkembang."

(mus)

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya