BPN Siapkan Layanan 70-70

Sumber :
  • Istimewa
VIVA.co.id
Jadi Menteri ATR, Sofyan Djalil: Nilai Agraria Saya C
- Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia, meluncurkan program yang diberi nama Layanan 70-70.

Reshuffle Kabinet, Menteri Ferry Pamit

Layanan ini adalah tujuh jenis pelayanan keagrariaan yang akan diselesaikan dalam tempo 70 menit, 70 jam, dan 70 hari.
Rp2,5 Triliun Disiapkan Pemerintah untuk Bank Tanah


Menurut Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN, Ferry Mursyidan Baldan, dengan adanya layanan ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat yang membutuhkan.


"Kita sudah 70 tahun merdeka, masak dalam layanan pertanahan masyarakat masih kesulitan. Kita ingin hadirkan itu, sebuah pelayanan yang berkualitas," kata Ferry di kantor Kementerian ATR/BPN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin 10 Agustus 2015.


Ada tujuh layanan yang diharap bisa diselesaikan oleh kantor-kantor wilayah pertanahan dalam tempo waktu tersebut . Layanan itu adalah: pengecekan sertifikat, peningkatan hak, roya (Penghapusan Hak Tanggungan), jual beli, hak tanggungan, pemecahan dan pendaftaran pertama.


Namun, Ferry masih belum mewajibkan setiap kantor wilayah untuk memenuhi target tersebut. Menurutnya, 450 kantor di seluruh wilayah memiliki karakteristik yang berbeda karena masalah infrastuktur.


"Kita tidak mengharuskan tiap kantor untuk lakukan (dalam tempo) tujuh itu. Kalau tujuh syukur, enam lima juga tidak apa-apa," kata Ferry. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya