Kiat Sukses Memulai Bisnis Online Dropshipping

Alat-alat bisnis online
Sumber :

VIVA.co.id - Kemajuan teknologi telah mengantarkan kita pada era kemudahan berkomunikasi, mencari dan mendapatkan informasi tanpa ada batasan ruang dan waktu. Bahkan untuk memulai bisnis secara cepat, mudah, dan murah bukan lagi hal yang sulit, karena hanya dengan bermodalkan perangkat teknologi, kita dapat memulai bisnis dan menjual beragam kebutuhan secara online. 

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Sungguh suatu hal yang tidak bisa dipungkiri, kue bisnis online di Indonesia menunjukkan perkembangan yang sangat manis dalam tahun-tahun terakhir ini.  Hal ini dibuktikan dengan semakin menjamurnya toko-toko online yang beredar di dunia maya, baik yang termasuk dalam skala besar maupun kecil.  Ditambah lagi dengan semakin banyaknya masyarakat yang mulai sadar teknologi, dan menjadikan teknologi sebagai bagian hidupnya sehari-hari.

Maraknya pebisnis online yang tumbuh secara signifikan dari tahun ke tahun pun menunjukkan bahwa masyarakat mulai sadar akan manfaat teknologi untuk mendukung atau sebagai perangkat utama mendapatkan penghasilan. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Salah satu jenis bisnis online yang sangat diminati masyarakat adalah bisnis online dropshipping, dengan jargonnya murah, mudah, dan cepat. Ini adalah sistem berjualan di mana Anda tidak perlu memiliki produk untuk dipasarkan.

Murah, karena dalam bisnis online dropshipping tidak membutuhkan modal yang besar untuk menyetok barang. Jika ada konsumen yang membeli maka tugas pemilik barang atau supplier untuk mengirimkannya, kita hanya bertugas untuk menawarkan atau memasarkan produk tersebut. 

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Mudah, karena dalam bisnis online dropshipping tidak membutuhkan pengetahuan bisnis yang terlalu jelimet atau sulit, sehingga siapa saja bisa melakukannya. 

Cepat, karena dalam bisnis ini dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik dapat langsung berjualan. Asalkan telah mendapat produk yang akan dijual beserta pemasok dropshipnya. 

Namun, untuk sukses memulai bisnis ini dibutuhkan kiat khusus, dan berikut beberapa kiat yang mungkin akan membantu pebisnis pemula.

1. Carilah Supplier yang Berkualitas dan Responsif.

Dalam dunia bisnis online dropshipping banyak sekali pemasok yang menawarkan produknya untuk dijual secara dropship. Namun, pilihlah pemasok yang memiliki produk yang berkualitas karena dengan model bisnis ini, tidak jarang penjual tidak memiliki contoh produk yang dijual. Akibatnya kualitas barang sulit untuk diketahui. 

Selain itu, tingkat responsif pemasok dalam menjawab pertanyaan, atau menyampaikan data stok produknya kepada penjual merupakan poin penting. Karena penjual juga secara cepat harus menginformasikan kembali produk tersebut kepada konsumen atau calon pelanggannya.  Untuk alasan inilah seharusnya penjual mencoba kiat berikut agar penjualan sukses dan konsumen puas.

2.  Uji Coba Dulu Produk yang Akan Dijual

Sangat disarankan untuk membeli beberapa item atau setidaknya satu per item produk yang akan dijual sebagai uji coba produk tersebut. Dari transaksi pertama ini, penjual bisa mengetahui alur atau cara order pada pemasok tersebut, kecepatan respon pemasok, kualitas produk, cara pengemasan produk, serta jasa pengiriman yang bekerja sama dengan supplier tersebut. 

Satu hal yang tidak kalah pentingnya apakah pemasok tersebut secara jujur menuliskan nama toko online penjual sebagai pengirim, karena dalam sistem dropship nama pengirim bukanlah pemasok melainkan penjual.

3. Pilih Produk yang Ber-Niche Sama.

Meskipun tidak ada larangan untuk menjual bermacam-macam barang bagi penjual dropship, namun untuk hasil yang lebih baik pilihlah barang atau produk yang sejenis untuk memudahkan dalam menjualnya. Contohnya, jika penjual memilih untuk menjual pakaian sebaiknya menjual pakaian saja, karena produk pakaian pun memiliki aneka ragam jenis, seperti pakaian wanita, pria, anak-anak, bayi, dan sebagainya.

4. Membuat Perjanjian atau Kesepakatan Dengan Pemasok

Ada pemasok yang tidak mengikat penjual dropshipnya dengan perjanjian atau kesepakatan tertentu. Namun ada baiknya memilih pemasok yang menetapkan persyaratan tertentu jika ada pemasok yang ingin menjual produknya secara dropship.

Memiliki perjanjian atau kesepakatan dengan pihak pemasok akan mengikat pemasok dan penjual dalam suatu aturan khusus, sehingga masing-masing pihak akan saling bertanggung jawab sesuai dengan kesepakatan tersebut. Baca juga: Lakukan Lima Hal Ini Dalam Membuat Kontrak Bisnis

5. Bangun Hubungan dan Komunikasi yang Baik Dengan Supplier

Pemasok adalah bagian terpenting dalam bisnis online dropshipping, karena hampir 75 persen dari proses transaksi dilakukan oleh pihak pemasok, seperti informasi stok barang, melakukan pengiriman, dan pengemasan produk. Untuk alasan inilah maka penjual atau pebisnis dropship harus membangun komunikasi yang baik denganpemasok.

Usahakan untuk saling bertukar kabar atau informasi meskipun tidak ada order. Hubungan yang baik akan meningkatkan kerjasama yang lebih menguntungkan di kemudian hari.
Baca juga: 11 Cara Gampang Mencari Modal Usaha

Butuh Waktu Untuk Capai Kesuksesan

Meskipun terlihat mudah, murah, dan cepat, namun pada prinsipnya bisnis online dropshipping sama seperti bisnis lainnya yang tidak mungkin mencapai sukses dalam semalan melainkan membutuhkan kerja keras, sikap pantang menyerah, dan konsisten.  Selamat memulai bisnis online dropshipping!

Baca juga: Lima Deposito Terbaik di Indonesia

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya