Produksi Turun, Pasokan Gula Nasional Aman

VIVAnews - Meski produksi gula nasional pada Mei dan Juni lebih rendah dari bulan-bulan sebelumnya, pemerintah yakin pasokan gula nasional tidak akan terganggu.

Rendahnya produksi Mei-Juni diharapkan bisa tercover dari produksi Juli dan Agustus yang mencapai puncak panen.

"Mudah-mudahan nanti Juli-Agustus semua bisa tercover," kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Departemen Perdagangan Jimmy Bela di kantornya, Jalan Ridwan Rais, Jakarta, Jumat 19 Juni 2009.

Target produksi gula sendiri tahun ini diperkirakan bisa mencapai 2, 8 juta ton atau lebih tinggi dibanding tahun lalu yang mencapai 2,7 juta ton.

Sekretaris Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Gunaryo mengatakan, kondisi harga gula memang menunjukkan tren kenaikan sejak 2008 hingga menjelang Juni. Tapi karena sudah memasuki musim giling tahun ini, diharapkan pemenuhan gula dalam negeri bisa terpenuhi.

"Kami yakini pada Juli mendatang, menjelang puasa dan lebaran, suplai dari pabrik gula akan aman," katanya. Selain itu, kata dia, kebutuhan dan produksi beras juga akan aman. Masalah gula hanya terjadi pada Mei dan Juni di mana jumlah produksi tidak seperti yang diharapkan.

Sebab akibat musim hujan petani tidak bisa memanen temu karena kadar gula atau tingkat rendeman akan lebih rendah dari nromal. Sehingga kalau dilihat dari target produksi bulanan Mei-Juni tahun ini, maka jumlahnya menjadi rendah dibanding Mei-Juni tahun lalu. "Kita dari kebutuhan per bulan 220 ribu ton, pada akhir Mei ini hanya mencatat 170 ribu ton, " katanya.

Hati-hati, 7 Dosa Bikin Pasangan Ogah Bercinta

umi.kalsum@vivanews.com

Baliho ambruk menimpa mobil di Depok

Baliho Ambruk Timpa Mobil di Parung Bingung, Arus Lalulintas Tersendat

Hujan deras disertai angin kencang kembali melanda Depok pada Kamis sore, 18 April 2024. Akibatnya, baliho besar yang ada di pertigaan Parung Bingung, Jalan Raya Sawangan

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024