RI dan Denmark Siap Kembangkan Energi Angin di Sulawesi

Rizal Ramli
Sumber :
  • Fajar GM - VIVA.co.id

VIVA.co.id - Ratu Denmark, Margrethe II, secara perdana melakukan kunjungan ke Indonesia, pada hari ini, Kamis 22 Oktober 2015. Dalam kunjungannya, pemimpin negeri wilayah Skandinavia itu menawarkan kerja sama pengembangan energi listrik dari sumber daya angin.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan, tawaran kerja sama ini telah disepakati antara kedua belah pihak. Menurutnya, kerja sama ini menguntungkan, karena Denmark menguasai teknologi energi terbarukan.

"Denmark punya teknologi bikin listrik dari angin, dan itu nanti kita akan kembangkan di Sulawesi," ujar Rizal di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, hari ini.

Rizal menjelaskan, kerja sama kedua negara ini juga tak sebatas pengembangan energi listrik dari sumber daya angin, tetapi pihaknya juga ingin Denmark melakukan pengembangan maritim di daerah Belitung.

Anak Buah Kaget Menteri 'Kepret' Kena Reshuffle

Meski begitu, dalam hal ini, Rizal belum memaparkan secara rinci proyek tersebut.

Rizal menyambut baik kerja sama ini. Hal ini, karena Denmark merupakan negara dengan standar, serta pendidikan yang baik. Dengan begitu, diharapkan membawa perbaikan di Indonesia.

"Kita sendiri daerah maritim termasuk terbesar di dunia, wilayah pantai kita nomor dua paling panjang di dunia, dan yang ketiga kekayaan alam kita juga luar biasa. Kita ingin ada kerja sama di bidang-bidang yang menguntungkan Indonesia," ujarnya. (asp)

Garap Listrik di Semarang, Denmark Kucurkan Rp30 Miliar
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan.

Jokowi Minta Luhut Bereskan Persoalan Reklamasi

"Beliau memberikan misi besar mengenai kemaritiman."

img_title
VIVA.co.id
29 Juli 2016