Konsumen Indonesia Masih Termasuk Paling Optimistis di Dunia

Para konsumen penuhi suatu acara pesta diskon sepatu di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

VIVA.co.id - Sebuah survei korespondensi yang dilakukan Nielsen menunjukkan bahwa India, Amerika Serikat (AS), Filipina, Indonesia, Thailand berada dalam urutan lima besar negara yang memiliki tingkat keyakinan konsumen tertinggi.

Konsumen di Asia Kian Bergairah, Ungkap Survei Nielsen

Berdasarkan siaran pers Nielsen, yang diterima VIVA.co.id pada Rabu 4 November 2015, tingkat keyakinan konsumen Indonesia di 116 dan berada di urutan keempat. Namun, angka ini menurun empat poin dari kuartal sebelumnya.

The Nielsen Consumer Confidence Index mengukur persepsi mengenai prospek lapangan pekerjaan, kondisi keuangan pribadi dan niat untuk berbelanja, dari 30 ribu responden yang memiliki akses internet di 61 negara. Tingkat Keyakinan Konsumen di atas dan di bawah derajat 100 menunjukkan derajat dari optimisme dan pesimisme.

Managing Director Nielsen Indonesia, Agus Nurudin, mengatakan tingkat optimisme konsumen Indonesia masih menunjukkan penurunan disebabkan terjadi penurunan pada tiga indikator. Yakni, prospek lapangan kerja, optimisme kondisi keuangan, optimisme keinginan untuk berbelanja.

“Kondisi ekonomi dalam enam bulan terakhir ini memang dapat dikatakan mengalami ketidakpastian. Naiknya kurs dolar dan terjadinya banyak pemutusan hubungan kerja tentu saja berdampak pada tingkat keyakinan konsumen,” katanya. 

Negara India memiliki tingkat keyakinan konsumen tertinggi dengan skor 131, disusul AS dengan skor 119. Sementara Korea Selatan merupakan negara dengan tingkat keyakinan konsumen terendah dengan nilai 49.

Sedangkan Malaysia tercatat sebagai negara dengan indeks kepercayaan konsumen terendah, dengan skor 78, di wilayah Asia Tenggara. Indeks kepercayaan konsumen Malaysia mencatat penurunan yang sangat tajam sebesar 11 poin dari kuartal sebelumnya.

Ini sebagian besar didorong oleh keprihatinan konsumen akan devaluasi mata uang dan meningkatnya harga pangan.

Secara global, indeks keyakinan konsumen sedikit meningkat menjadi 99 di kuartal ketiga 2015, naik tiga poin dibandingkan dengan kuartal kedua 2015. (ren)

Harga Pangan Menurun, Konsumen Kembali Bergairah
Para konsumen penuhi suatu acara pesta diskon sepatu di Jakarta.

Tingkat Keyakinan Konsumen RI Menurun Tajam, Ungkap Survei

Prospek ketenagakerjaan merupakan pendorong utama penurunan itu.

img_title
VIVA.co.id
12 Agustus 2016