Ini Kekhawatirkan Pengguna Kartu ATM

Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - MasterCard Safety and Security Index mengungkapkan bahwa konsumen di kawasan Asia Tenggara dan China sangat takut dengan pencurian identitas dan berbagai penyalahgunaan kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Dua masalah ini menjadi ketakutan oleh masyarakat saat melakukan pembayaran elektronik.

Konsumen di Asia Kian Bergairah, Ungkap Survei Nielsen

Mayoritas konsumen (42 persen) di Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam merupakan negara yang paling khawatir terhadap penipuan ataupun kecurangan terkait dengan penggunaan ATM. Seperti pencurian kartu, penggandaan kartu maupun skimming.

Sekitar 31 persen konsumen daratan China, termasuk Hong Kong, dan Taiwan, juga memiliki kekhawatiran terhadap hal yang sama.

Harga Pangan Menurun, Konsumen Kembali Bergairah

Demikian survei konsumen yang dilakukan MasterCard seperti dikutip VIVA.co.id, Sabtu, 7 November 2015.
 
Pencurian data personal seperti rincian data bank, identitas personal, alamat, dan tanda tangan yang dicuri melalui website. Pada kedua kawasan tersebut, diketahui bahwa kekhawatiran tersebut tidak berasal langsung dari pengalaman pribadi masyarakat, melainkan dari hasil pemberitaan mengenai pencurian tersebut di media massa.

Dalam indeks ini juga diungkapkan bahwa secara keseluruhan, konsumen di kawasan Asia Tenggara serta Taiwan dan Hong Kong merasa lebih aman untuk bertransaksi langsung di toko dibandingkan dengan pembayaran secara online.

Meskipun demikian, China menjadi satu-satunya negara dimana para konsumennya merasa bahwa pembayaran online lebih aman dibandingkan dengan pembayaran langsung di toko, bahkan melebihi Singapura. (ase)

Para konsumen penuhi suatu acara pesta diskon sepatu di Jakarta.

Tingkat Keyakinan Konsumen RI Menurun Tajam, Ungkap Survei

Prospek ketenagakerjaan merupakan pendorong utama penurunan itu.

img_title
VIVA.co.id
12 Agustus 2016