Bursa Awasi Saham dan Waran Sinarmas

VIVAnews - Otoritas bursa kembali menetapkan satu saham dan waran yang bergerak di luar kebiasaan (unusual market activity/UMA). Saham dan waran tersebut adalah PT Sinarmas Multiartha Tbk (SMMA) dan waran seri III Sinarmas Multiartha (SMMA-W3).

Saham dan waran seri III Sinarmas itu mengalami kenaikan harga dan aktivitas transaksi dibanding periode sebelumnya.

"Bursa efek telah meminta konfirmasi kepada perusahaan pada 23 Juni 2009," kata Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Erry Firmansyah dalam pengumuman tertulis bursa di Jakarta, akhir pekan lalu.

Pada sesi pagi transaksi Senin 29 Juni 2009, harga saham Sinarmas Multiartha menguat Rp 20 (1,42 persen) menjadi Rp 1.420.

Saham Sinarmas merupakan emiten keenam setelah PT Apac Citra Centertex Tbk (MYTX), PT Delta Dunia Petroindo Tbk (DOID), PT Indal Alumunium Industry Tbk (INAI), PT HD Capital Tbk (HADE), dan PT Trada Maritime Tbk (TRAM) yang mendapat pantauan otoritas bursa selama Juni 2009.

Sebelumnya, selama Mei 2009, BEI telah menetapkan 18 saham dalam kategori efek yang bergerak di luar kebiasaan.

Seiring adanya peningkatan aktivitas transaksi yang tidak wajar itu, otoritas bursa sedang mencermati perkembangan harga dan aktivitas saham di industri finansial itu.

Untuk itu, BEI meminta investor memperhatikan jawaban perusahaan atas permintaan konfirmasi bursa. Selain itu, otoritas bursa mengimbau investor untuk mencermati kinerja perseroan dan keterbukaan informasinya.

Bursa juga meminta investor untuk mengkaji kembali rencana aksi korporasi perusahaan, bila belum mendapat persetujuan rapat umum pemegang saham (RUPS).

Otoritas juga berharap agar investor mempertimbangkan berbagai kemungkinan sebelum mengambil keputusan investasi.

Meski bergerak di luar kebiasaan, saham-saham yang masuk kategori unusual market activity tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran di bidang pasar modal.

arinto.wibowo@vivanews.com

Park Serpong Jadi Lokasi Bukber Dispar Banten, Intip Potensi Bisnis dan Kontribusinya ke Daerah
Ammar Zoni

Mumpung Ramadhan, Ammar Zoni Banyak Berdoa Agar Segera Bebas dari Penjara

Mumpung Ramadan, Ammar Zoni Banyak Berdoa Agar Segera Bebas dari Penjara

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024